Tim Saber Pungli Belitung Siap Beraksi

  • Whatsapp
Ketua Pelaksana Unit Pemberantasan Pungli Babel Kombes Pol Drs Dicky Kusuma Wardhana foto bersama Jajaran Saber Pungli Belitung.(foto: dodi).

Semua Pihak Terkait Ikut Mendukung

TANJUNGPANDAN – Tim Saber Pungutan Liar (Pungli) Kabupaten Belitung siap beraksi, menindak tegas pelaku pungli yang selama ini meresahkan masyarakat di lingkungan instansi-instansi di Bangka Belitung.

Tim Saber Pungli Belitung sebelumnya vakum sejak beberapa tahun lalu. Kasus terakhir yang diangkat Ketua Saber Pungli Muhammad Nizar pada tahun 2017, yakni mengangkat dugaan pungli di Mercusuar Lengkuas.

Hingga akhirnya, menara tersebut ditutup. Dengan vakumnya selama bertahun-tahun ini, Ketua Pelaksana Unit Pemberantasan Pungli Babel Kombes Pol Drs Dicky Kusuma Wardhana meminta, kepada Wakapolres Belitung/Ketua Saber Pungli untuk kembali aktif.

Kata Kombes Dicky, meski belum ada penindakan, Kabupaten Belitung mendapatkan piagam penghargaan pemberantasan pungli terbaik, dari tujuh polres yang ada di Polda Kepulauan Bangka Belitung.

“Sebenarnya kita tidak vakum. Kami sering menggelar kegiatan-kegaiatan. Salah satunya sosialisasi kepada masyarakat, maupun instansi-instansi,” kata pria yang menjabat Irwasda Polda Babel.

Dia meminta kepada Wakapolres Belitung Kompol Andi Rahmadi untuk aktif, menindaklanjuti laporan-laporan mengenai adanya dugaan pungli. Sebab, tim saber dibentuk berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia (Perpres) Nomor 87 Tahun 2016 Tentang Saber Pungli.

“Kelompok Kerja (Pokja) ataupun Satuan Tugas (Satgas) mempunyai tugas melakukan pemberantasan pungli. Termasuk yang ada di Kabupaten Belitung,” kata Kombes Dicky kepada Rakyat Pos, Rabu (9/10/2019).

Dia berharap, untuk memberantas pungli di Belitung semua pihak terkait ikut mendukung. Sebab, Tim Saber Pungli terdiri dari sejumlah instansi yang ada disuatu daerah. Seperti intansi pemerintahan dan penegak hukum.

“Adanya saber pungli diharapkan juga mampu mengawal pembangunan-pembangunan disuatu daerah. Sehingga Pemerintah dengan tenang bisa mengawasi pembangunan yang ada,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Tim Saber Pungli Kabupaten Belitung Kompol Andi Rahmadi mengaku siap menjalankan amanah. Dan menjadikan Kabupaten Belitung bersih dari segala Pungutan Liar.

Mengenai program kedepan, Mantan Kapolsek Tanjungpandan ini, masih enggan berkomentar. Bahkan, dia belum bisa berbicara mengenai target. “Kami siap untuk bekerja. Saat ini kami masih menyusun program,” ungkapnya. (dodi/3)

Related posts