Tim Penilai Bangka Sehat Verifikasi PT RBT

  • Whatsapp
Tim Verifikasi saat melakukan pertemuan dengan jajaran PT Refined Bangka Tin, Rabu (21/8/2019). (foto: Riski Yuliandri)

SUNGAILIAT- Tim Verifikasi Kabupaten Bangka Sehat melakukan kunjungan sekaligus melakukan penilaian ke PT Refined Bangka Tin (RBT), Rabu (21/8/2019). Kunjungan tersebut dipimpin perwakilan dari Kementerian Dalam Negeri, Ida Supriyanti dan dari Kementerian Kesehatan yang diwakili Noviawati.

Sempat dilakukan pertemuan di dalam Kantor PT RBT yang dimoderatori oleh Kepala Disnaker Kabupaten Bangka, Thony Marza dan dilanjutkan dengan pemaparan oleh Herman Kartolo dari pihak perusahaan.

Dalam paparannya tersebut, Herman Kartolo menyampaikan berbagai kegiatan yang dilaksanakan pihak perusahaan dalam mengupayakan keselamatan, kesehatan kerja serta lingkungan. Dia menegaskan, faktor Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) berjalan baik di PT RBT.

“Untuk keselamatan dan kesehatan kerja, kami ada kawasan tanpa rokok, kegiatan keselamatan seperti safety talk, safety inductions, termasuk kewajiban penggunaan APD (alat pelindung diri-red) bagi pekerja dengan slogan ‘No Hat, No Boots No job’. Bagi yang tidak pakai APD maka tidak akan bekerja,” ungkap Herman.

Sementara itu, dalam menjaga kesehatan lingkungan yang dilakukan oleh perusahaan timah tersebut, lanjut dia, rutin dilakukan pengecekan emisi cerobong asap dan limbah. “Kita juga berupaya dalam menjaga kesehatan lingkungan dengan melakukan uji emisi cerobong asap, pembuangan limbah serta bekerjasama dengan pihak ketiga untuk pengiriman limbah B3,” terang Herman.

Tim verifikasi turut menanyakan terkait pelaksanaan shift kerja perusahaan yang ada di kawasan industri Jelitik tersebut serta manajemen resiko bahaya terhadap pekerja yang bekerja di ketinggian dan upaya pencegahan heat stress.

Direktur PT RBT, Suparta menambahkan perusahaannya sudah menerima sertifikat ISO 9001 dan proper kategori biru dari Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

“Kita punya 278 karyawan disini dan semuanya 100 persen sudah menjadi anggota BPJS kesehatan dari mulai masuk kerja disini,” terang Suparta.

Dalam kunjungan tersebut juga dihadiri oleh Kepala Bappeda Kabupaten Bangka, Panbudi Marwoto yang juga menjabat selaku Ketua Tim Pembina Forum Kabupaten Bangka Sehat dan Ketua Forum Bangka Sehat, Sopiyandi.(mla/10)

Related posts