Bangka Barat

Tim Monev DTW Disbudpar Babel Tinjau Bukit Penyabung

Tim DTW Disbudpar Babel saat meninjau DTW Desa Pelangas, Bangka Barat.(foto: ist).

RAKYATPOS.COM, SIMPANG TERITIP – Di penghujung September tahun 2020, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melalui Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) potensi Daya Tarik Wisata (DTW) se-Babel melakukan peninjauan ke DTW Bukit Penyabung, Selasa (29/9/2020).

Bukit Penyabung ini, merupakan salah satu potensi DTW yang terletak di Desa Pelangas, Kecamatan Simpang Teritip, Kabupaten Bangka Barat (Babar), Babel.

Di tempat DTW itu, memiliki tiga unsur taman bumi (Geopark) lokal, yakni Pertama,
Keanekaragaman bebatuan (Geo diversity); Kedua, Keanekaragaman flora dan fauna (Bio diversity); serta yang Ketiga, Keragaman budaya tradisional masyarakat setempat (Cultural diversity).

Tim Monev potensi DTW se-Babel yang dikoordinir Plt Kepala Disbudpar Babel, Darlan melalui Sekretaris, Rudy Mahardy mengatakan, pesona keindahan wisata alam yang dimiliki Desa Pelangas ini dapat dijadikan ikon DTW, khususnya wisata alam yang berada di wilayah sebelah baratnya Pulau Bangka.

Dikatakan Rudy, pentingnya sinergitas antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel, Pemerintah Daerah (Pemda) baik Kabupaten/Kota se-Babel, kelompok-kelompok masyarakat penggiat di sektor ini (Pariwisata-red) harus saling mendukung dan menjaga potensi DTW ini, agar ke depannya pengembangan destinasi wisata yang ada di Babel, terus berlanjut.

“Semoga potensi DTW Bukit Penyabung yang ada di Kabupaten Bangka Barat ini, dapat dipromosikan sebagai destinasi wisata alam khasnya Desa Pelangas, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat setempat,” harap Rudy.(rel/agus).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

ads






To Top