by

Tim CSR Timah Peduli Bantu Biaya Operasi Bocah Reihan

 

Penyerahan bantuan CSR PT Timah kepada keluarga bocah Reihan di Muntok, Rabu (foto:istimewa)

Hingga Antarkan Pulang ke Muntok

Camat Muntok Beri Apresiasi 

PANGKALPINANG– Respon cepat PT Timah Tbk patut diapresiasi. Setelah mendapatkan informasi melalui WhatsApp grup (WAG) PKBL dan CSR pada Selasa (5/2/2019) sore mengenai kondisi Reihan Dirgantara, Tim CSR Timah Peduli pada Rabu (6/2/2019) siang langsung mendatangi keluarga Reihan di RSUP Soekarno untuk menyelesaikan administrasi biaya perawatan dan operasi.

Setelah itu tim langsung mengantarkan mereka pulang sampai ke rumahnya yang beralamat di Jalan Kerangan Atas, Kelurahan Tanjung, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat.

Reihan adalah bocah 1,2 tahun yang harus mendapatkan penanganan medis dengan operasi setelah pipi bagian kanannya robek saat bermain dengan kakaknya Gisca (2,5 tahun) pada Senin pagi (4/2/2019) di kamar mandi rumahnya.

Nenek Reihan, Ningmas menceritakan, kejadian bermula saat Reihan asyik bermain dengan kakaknya Gisca. Tiba-tiba Reihan terjatuh dari kamar mandi dan menghantam sebuah piring yang berada tepat di bawah bak mandi. Reihan pun mengalami luka robek di bagian pipi kanan dengan luka memanjang dari ujung bibir sampai ujung telinga.

Mendapati cucunya dalam keadaan luka parah di bagian pipi, Ningmas langsung membawa Reihan ke dokter terdekat untuk mendapatkan penanganan medis.

Karena dokter terdekat, Puskesmas dan RSUD Bangka Barat tidak mampu menangani karena kekurangan tenaga medis bedah, akhirnya Reihan pada Senin sore terpaksa dirujuk ke RSUP Soekarno bermodal nekat karena saat itu keluarga hanya mengantongi uang Rp400 ribu.

Ayah Reihan, Yogi hanya bekerja serabutan. Penghasilannya hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari keluarganya. Sedangkan untuk biaya operasi, Yogi tak tau siapa yang nantinya akan membayar semua biaya tersebut.

Ketika Tim CSR Timah Peduli datang membantu, nenek Reihan terharu karena tak menyangka cucunya mendapatkan bantuan dari PT Timah.

“Alhamdulillah, dak nyangka ade bantuan dari PT Timah ni, sege kami bingung tuk bayar biaya operasi ni. Jangankan untuk biaya operasi, neg (mau-red) nebus obat ge (juga-red) bingung dapet duit dari mane karena pertama dirujuk ke RSUP hanya berbekal duit 400 ribu,” kata Ningsih terharu sambil mengusap air matanya. “Bersyukur banget dibantu. Semoga PT Timah jaya selalu,” imbuhnya.

Ayah Reihan juga mengucapkan terima kasih tak terhingga kepada PT Timah karena telah membantu meringankan beban keluarga disaat musibah datang menimpa anak keduanya.

“Alhamdulillah, kami sangat berterima kasih atas kepedulian PT Timah membantu biaya operasi dan pengobatan anak kami sampai sembuh,” ujar Yogi.

Setibanya di rumah, warga sekitar, Ketua RT, Ketua RW, dan Camat Muntok, sudah ramai berada di rumah orangtua Reihan karena ingin melihat kondisi terakhirnya pasca operasi.

Bantuan yang masih tersisa sebesar Rp6.439.000 dari total Rp15 juta setelah digunakan untuk biaya pengobatan dan operasi Reihan, diserahkan secara simbolis oleh perwakilan CSR PT Timah Muntok Cecep Surya Gama didampingi Staf Lingkungan Hidup PT Timah Tbk Agus Hermawan serta disaksikan langsung oleh Ketua RT, Ketua RW, dan Camat Muntok.

“Ini ada sisa Rp6.439.000, gunakanlah untuk kontrol kesehatan Reihan sampai sembuh dan kondisi kesehatannya benar-benar pulih. Semoga bantuan ini dapat bermanfaat,” kata CSR PT Timah Muntok, Cecep Surya Gama kepada Ayah Reihan.

Di tempat terpisah, Kabid Humas PT Timah Tbk Anggi Siahaan mengatakan, masyarakat adalah stakeholder perusahaan dan untuk itu peran PT Timah untuk membantu adalah pelaksanaan komitmen dan kegiatan yang terus berkelanjutan.

“Program seperti ini juga menjadi prioritas perusahaan selain program CSR yang sudah direncanakan. Ini membuktikan bahwa PT Timah concern terhadap musibah yang menimpa masyarakat Bangka Belitung apalagi masyarakat yang kurang beruntung dari sisi ekonimi dibanding kita,” ujar Anggi.

Sementara itu, Camat Muntok M Herli mengapresiasi terhadap kepedulian dan respon cepat Tim CSR PT Timah Peduli yang telah membantu warganya.

“Kami terimakasih kepada PT Timah telah membantu meringankan beban warga kami, baik biaya berobat, operasi, sampai biaya cek up di Pangkalpinang,” tutur Herli mengapresiasi.

“Terimakasih kepada PT Timah yang telah membantu masyarakat kami, semoga Alloh dapat membalas,” timpal Ketua RT 01 Suryan yang juga mengapresiasi kepedulian PT Timah terhadap warganya.(rls)

Comment

BERITA TERBARU