Tiket Pesawat Mahal, Syahbudin: Dampaknya Luar Biasa

  • Whatsapp

SUNGAILIAT – Wakil Bupati Bangka, Syahbudin menyoroti tingginya harga tiket pesawat saat ini yang berdampak pada kunjungan wisatawan ke daerah itu.

Dia mengakui sudah mendengar keluhan dari pelaku pariwisata yang menyatakan sepinya wisatawan datang ke Kabupaten Bangka akibat tingginya harga tiket pesawat.

“Kalau wisatawan tidak ada, dampaknya luar biasa. Mulai dari hotel, tempat wisata dan UMKM kita juga berpengaruh karena konsumen mereka rata-rata dari wisatawan,” kata Syahbudin, Kamis (16/5/2019).

Dia mengatakan Bangka Belitung sangat tergantung dengan moda transportasi udara karena merupakan daerah kepulauan.

“Kita ini daerah kepulauan jadi pesawat ini merupakan transportasi utama bagi wisatawan, kalau harganya tinggi seperti sekarang sangat berpengaruh sekali,” tambah Syahbudin.

Saat ini, lanjut dia, penerbangan ke Bangka menurun drastis dari 27 kali penerbangan sekarang hanya menjadi enam kali. Untuk itu banyak toko makanan khas Bangka mengeluh karena pembeli berkurang.

“Saya pernah baca sekarang ini penerbangan ke Bangka cuma enam kali dari 27 flight. Jadi dampaknya ke kuliner, makan khas Bangka, pusat oleh-oleh termasuk juga tranportasi umum atau travel,” terangnya.

Syahbudin berharap agar harga tiket pesawat tersebut dapat kembali turun seperti sedia kala sehingga kunjungan wisatawan ke Bangka kembali ramai.

“Kalau tiketnya normal, in sha allah nanti wisatawannya juga akan banyak kembali, kalau tidak salah rencananya tiket ini akan diturunkan lagi,” ungkapnya.

Pemda Bangka, lanjut dia, terus berupaya menggelar berbagai kegiatan untuk menarik wisatawan datang ke daerah itu sehingga dapat membantu para pelaku pariwisata.

“Kegiatan seperti triathlon, Bangka Expo serta kegiatan lainnya ini kita ada tujuannya selain memperkenalkan daerah juga membantu UMKM, karena dengan datangnya wisatawan akan berdampak juga dengan mereka,” terangnya.(mg419/10)

Related posts