Tiga Spesialis Maling Rumah Diringkus

  • Whatsapp

KOBA – Tiga pelaku spesialis pembobol rumah yang beroperasi di wilayah Koba diringkus Polsek Koba. Ketiga pelaku itu diantaranya Mul (37), Datuk (37) dan Bagong (37).

Rumah yang dibobol adalah milik Masnun warga Sinar Laut Kelurahan Padang Mulia, Koba pada dini hari (21/05/2019) ketika korban sedang terlelap tidur.

Dari aksi yang dilakukan para rumah korban, ketiga pelaku berhasil mengambil sebanyak dua karung lada putih dengan berat kurang lebih 100 kilogram.

Satu dari tiga pelaku yang berhasil diringkus itu pelaku Datuk (37) merupakan residivis dengan kasus yang sama sebanyak 8 Kali.

Kapolsek Koba, AKP. Andri Eko Setiawan membenarkan pihaknya telah mengamankan tiga pelaku pencurian dengan pemberatan.
“Ketiga pelaku ini berhasil tim Opsnal Polsek Koba pada Rabu (29/05/2019) pukul 03.00 WIB, setelah sebelumnya kita menerima laporan dari korban pada (28/05/2019),” ujarnya seizin Kapolres Bangka Tengah AKBP. Edison Ludy Bard Sitanggang kepada wartawan, Kamis (30/05/2019).

Dikatakan Kapolsek, penangkapan para pelaku ini terungkap setelah adanya saksi mata yang mengenali salah satu kendaraan yang membawa hasil pencuriannya itu.
“Ketiga pelaku diringkus ditempat yang berbeda, pertama yang berhasil kita ringkus yaitu pelaku Mul (37) dijalan Pesantren Simpang Perlang tepatnya di belakang KUD, kemudian dari tersangka ini mengakui aksinya bersama dua pelaku lainnya,” ucapnya.

Berdasarkan keterangan dari pelaku, Mul (37) diketahui dua pelaku lainnya yaitu Datuk (37) dan Bagong (37).
“Pelaku Datuk (37) dan Bagong (37) ini berhasil kita ringkus di salah satu rumah kontrakan di kelurahan Arung dalam. Namun untuk pelaku Datuk (37) ini saat dilakukan penangkapan tidak kooperatif maka terpaksa kita ambil tindakan tegas,” ucapnya.

Ia menambahkan para pelaku tersebut merupakan spesialis pembobol rumah.
“Komplotan ini dalam melakukan aksinya dengan cara mencongkel pintu jendela rumah warga,” tuturnya.

Dikatakannya, dari tangan pelaku berhasil diamankan barang bukti berupa dua karung besar berisikan biji lada, 3 (buah) besi tralis warna hitam, 1 (satu) unit sepeda motor ninja warna merah, 1 (satu) unit sepeda motor fino warna hijau putih, 1 (satu) Unit sepeda motor Jupiter MX warna hitam, 4 (empat) unit handphone Nokia, 1 (satu) unit hp merk Strawberry dan uang tunai sebesar Rp. 866.000.
“Atas perbuatannya, pelaku akan kita kenakan dengan pasal 363 ayat (2) KUHP dengan ancaman kurungan penjara selama 9 tahun,” tandasnya. (ran/6).

Related posts