Tiga Sindikat Curat Dibekuk

  • Whatsapp

Pembobol Rumah hingga Sekolah

SUNGAILIAT – Tim Opsnal Satuan Reskrim Polres Bangka kembali berhasil membongkar sindikat pelaku pencurian dengan pemberatan (curat). Kali ini dua pelaku curat dan seorang penadah hasil curian lintas daerah yang dibekuk. Mereka adalah Men Men alias LI, Acong alias SP, dan Zu. Ketiga orang ini merupakan sindikat curat dengan sasaran rumah warga hingga membobol sekolahan.
Kapolres Bangka AKBP Johanes Bangun melalui Kabag Ops Kompol S Sophian kepada sejumlah wartawan Selasa (4/4/2017) mengatakan, Men Men dan Acong lebih dulu ditangkap dan terpaksa ditembak oleh polisi karena berusaha melawan petugas.
Hasil pengembangan terhadap keterangan kedua tersangka, polisi kemudian mengejar Zu (43) warga Jalan Kerabut, Kelurahan Selindung yang membeli hasil curian mereka.
Zu diciduk Tim Opsnal di Tempat Pelelangan Ikan, kawasan Industri Ketapang, Kota Pangkalpinang tanpa perlawanan pada Jum’at (1/4/2017) sekitar pukul 18.30 WIB.
“Jadi sebelum pelaku ini diamankan, kita terlebih dahulu mengamankan dua orang pelaku lainnya atas nama Men Men dan Acong pada tanggal 31 Maret 2017 terkait dugaan tindak pidana pencurian di wilayah hukum Polres Bangka,” ujarnya.
Saat diamankan, kata Kabag Ops, polisi menggeledah kediaman tersangka dan menyita barang bukti hasil pencurian berupa 1 buah laptop merk Asus warna merah, 2 buah playstation 2, 1 unit tab merk Advan, 2 unit ponsel Mito warna merah dan hitam serta 1 unit HP Samsung dari tangan Zu.
“Jadi menurut pengakuan pelaku, barang bukti yang diamankan ini dititipkan oleh dua pelaku lainnya yakni Li dan Sp kepada Zu. Untuk laptop, setelah dikembangkan ini hasil curian di TKP Balun Ijuk, Merawang di SDN 7 Balun Ijuk, Merawang,” katanya.
Selain melakukan aksi pencurian di wilayah hukum Polres Bangka, ketiga pelaku juga terlibat tindak pidana curat di salah satu rumah kontrakan yang ada di Parit Enam, Pangkalpinang.
“Selain itu, mereka juga pernah bersama sama melakukan pencurian kabel listrik di jalan Air Mesu,” imbuh Sophian.
Atas perbuatan itu, kini para pelaku mendekam di sel tahanan Mapolres Bangka guna menjalani penyidikan lebih lanjut.
“Jadi pelaku Zu ini merupakan 480 (pasal penadahan) dengan TKP pencurian di sebuah konter di Kace Mendobarat, SDN 7 Balun Ijuk Merawang, Parit Enam dan Jalan Air Mesu,” tukasnya. (2nd/1)

Related posts