Tiga Minggu, Tim Naga Polres Pangkalpinang Ringkus 16 Tersangka 3C

  • Whatsapp
16 tersangka dihadirkan dalam konferensi pers pengungkapan kasus 3C di Mapolres Pangkalpinang, Selasa (30/6/2020).(foto: Bambang Irawan)

RAKYATPOS.COM, PANGKALPINANG – Tim Naga Polres Pangkalpinang meringkus sebanyak 16 tersangka yang diduga terlibat dalam kasus Curat, Curas dan Curanmor (3C).  Belasan tersangka ini terdiri dari 7 kasus curat, 2 kasus curas dan 1 kasus pencurian sepeda bermotor.

Demikian diungkapkan oleh Kapolres Pangkalpinang, AKBP Tris Lesmana Zeviansyah saat konferensi pers di ruang Anton Sujarwo Polres Pangkalpinang, Selasa (30/6/2020).

“Beberapa bulan kebelakang ini, sudah ada peningkatan angka kriminalitas terutama untuk kasus 3C. Walaupun secara nasional, masih relatif kondusif,” ungkap Tris Lesmana.

Dia menyebutkan, adanya tren peningkatan kasus 3C ini merupakan akibat dampak dari pandemi Covid-19 dimana banyak masyarakat yang di-PHK dan dirumahkan.

Baca Lainnya

“Sampai dengan hari ini, ada 10 kasus 3C. Dari 16 tersangka yang berhasil kita amankan, dua diantaranya yang kita limpahkan ke Polres Basel,”katanya.

Dari 10 Laporan Polisi (LP) yang ditangani ini, menurut Tris Lesmana, salah satu kasus yang paling menonjol, yakni kasus curat.

“Jadi, semua tersangka yang berhasil diamankan ini dalam tiga minggu. Untuk kasus curat ini dengan modus pembongkaran apotik, rumah, kontrakan dan terungkapnya kasus pencurian kabel PLN,” terangnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, khusus dalam kasus pencurian kabel PLN ini ada 6 tersangka yang ditetapkan.

“Ada empat pelaku yang sudah kita amankan, tiga pelaku utama, satu penadah dan dua dilimpahkan ke Polres Bangka Selatan. Jadi, untuk di wilayah hukum Polres Pangkalpinang ada 3 TKP,” bebernya.

Tris Lesmana menegaskan, belasan tersangka kasus 3C ini dipersangkakan penyidik dengan jeratan pasal 362, pasal 363 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP). (bis)

Related posts