Tiga Jemaah Haji Beltim Dibawa Pakai Ambulan

  • Whatsapp
Para keluarga jemaah haji Beltim memeluk jemaah yang baru tiba dengan tangisan haru.(foto: istimewa).

Tangis Haru Sambut Kedatangan Jemaah Haji

Manggar – Tangis haru menyambut kedatangan 29 orang jemaah haji Kabupaten Belitung Timur, setibanya di Mesjid Agung Darussalam Manggar, Minggu (25/8/2019).

Saat jemaah keluar dari bus yang membawa para jemaah tiba dari Bandara Hanandjoedin Belitung, langsung diserbu dengan pelukan dan ciuman kerinduan. Para keluarga yang sudah lama menanti tampak tidak bisa menahan luapan kebahagian.

Dari 29 orang jemaah haji asal Kabupaten Beltim, 26 orang dijemput menggunakan dua unit bus. Sedangkan tiga orang lainnya terpaksa dibawa menggunakan dua unit ambulan.

Diduga akibat keletihan melakukan perjalanan panjang, tiga jemaah tersebut harus diistirahatkan dalam perjalanan menuju ke Kabupaten Beltim. Namun saat acara penyambutan dan sholat Zuhur berjamaah, ketiga jemaah tersebut bisa mengikuti acara dan tampak sehat.

“Beberapa jemaah ada yang kecapaian, karena terbang selama 9 jam dari Jedah ke Palembang, terus sampainya tengah malam. Paginya langsung terbang ke Belitung lagi. Tapi Alhamdulillah semuanya sehat dan ikut pas acara penyambutan,” ungkap Kepala Kantor Kementerian Agama Beltim, Masdar Nawawi.

Masdar menyatakan penyambutan kedatangan jemaah haji Kabupaten Beltim cukup lancar. Bahkan iringan kendaraan panitia penjemput dari Kabupaten Beltim didahulukan saat keluar dari Bandara Hanandjoedin.

“Alhamdulillah semua lancar. Termasuk jadwal pesawat pun yang ditargetkan berangkat jam 9.40 dari Palembang sudah berangkat jam 9.15, jadi lebih cepat dari agenda kita,” tutur Masdar.

Saat ini jemaah masih menunggu barang bawaan, berupa koper besar dan 5 liter air zam-zam yang dibawa menggunakan kapal laut. Masdar memperkirakan barang baru akan tiba Rabu (28/8/19) mendatang.

“Kita sedang menunggu informasi dari PT Pos, karena dibawa pakai kapal laut. Tapi kemungkinan Insyallah biasanya Rabu ini sudah sampai,” tutup Masdar.

Terus Upayakan Penambahan Kuota Jamaah Haji

Sementara itu, Bupati Beltim Yuslih Ihza yang turut menyambut jamaah mengatakan sangat bersyukur dengan kedatangan jemaah haji asal Kabupaten Beltim dalam keadaan sehat walafiat.

“Saya ikut merasakan kebahagiaan dapat bertemu lagi dengan keluarga dan orang yang dicintai. Insyaallah semua menjadi haji yang mabrur,” ucap Yuslih.

Ia berharap tahun depan jemaah haji asal Kabupaten Beltim akan lebih banyak yang berangkat menunaikan ibadah ke tanah suci. Bersama dengan Kepala Kantor Agama Beltim, Yuslih terus mengupayakan ada penambahan kuota.

“Mudah-mudahan tahun depan akan lebih ramai lagi yang bisa berangkat. Kita dalam proses nambah kuota haji, doakan semoga tahun depan bisa nambah jumlahnya,” kata Yuslih.

Saat ini setidaknya daftar tunggu calon jemaah haji Kabupaten Beltim mencapai 510 orang. Jika merujuk ke hak daerah dalam mengirim calon jemaah haji, yakni 1000 muslim untuk satu orang jemaah haji, Kabupaten Beltim setidaknya punya hak 110 – 120 orang.

“Sistem pendaftaran haji ini kan terpadu, siapa yang dulu daftar maka dia yang berangkat dulu. Makanya itu yang membuat calon jemaah haji kita sering terlambat,” jelas Yuslih.

Untuk itu, Yuslih pun menghimbau kepada warga Kabupaten Beltim yang punya minat berangkat ke tanah suci agar segera mendaftar. “Kalau ada niat, daftarlah segera,” ujarnya. (yan/kmf/3)

Related posts