by

Tiga Bacaleg Bermasalah, KPU Koordinasi ke Parpol

M Yusuf

PANGKALPINANG – Temuan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Pangkalpinang terkait tiga bakal calon anggota legeslatif (bacaleg) yang bermasalah, segera ditindaklanjuti oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pangkalpinang.

Ketua KPU Pangkalpinang M Yusuf kepada wartawan, Jumat (27/7/2018) mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan LO Parpol dan mengimbau untuk mengganti Bacaleg tersebut.

“Kita sudah menyampaikan dan berkoordinasi dengan partai politik untuk mengganti. Begitu juga dengan bakal calon yang diduga terpidana korupsi,” kata Yusuf.

Dilanjutkannya, KPU hingga kini masih mengumpulkan bahan dan informasi dalam proses verifikasi berkas. “Dan kita masih mengumpulkan keterangan-keterangan lain, misalnya dari pengadilan. Kita imbau (Parpol) untuk segera mengganti yang bermasalah itu,” tuturnya.

Seperti yang dilansir Rakyat Pos sebelumnya, Panwaslu Kota Pangkalpinang mendapati dua Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) yang belum cukup umur telah didaftarkan partai ke KPU Kota Pangkalpinang. Selain belum memenuhi syarat 21 tahun, ada juga Bacaleg yang diduga pernah melakukan tindak pidana korupsi (Tipikor).

Komisioner Divisi Pencegahan dan Hubungan AntarLembaga Panwaslu Pangkalpinang Luksin Siagian kepada sejumlah wartawan di sekretariat Panwaslu Pangkalpinang, Kamis (26/7/2018) mengakui, dari hasil temuan tersebut pihaknya telah berkoordinasi dengan KPU Pangkalpinang dan juga telah menyurati Parpol yang menaungi Bacaleg tersebut.

“Dari hasil pengawasan yang kita dapat, ada tiga temuan dari dokumen pendaftaran. Ada dua yang dibawah umur dari dua partai dan satunya indikasi pernah melakukan tindak pidana korupsi,” kata Luksin. (ron/1)

Comment

BERITA TERBARU