Tiga ASN Bangka Mangkir Kerja

  • Whatsapp

SUNGAILIAT – Hari pertama masuk kerja, Bupati Bangka, Mulkan langsung melakukan sidak keseluruh OPD di Pemkab Bangka, Senin (10/6). Setelah menggelar upacara di halaman kantor bupati bangka, ia bersama rombongan yakni sekda, kepala BKPSDMD serta satpol pp langsung berangkat ke kantor-kantor dilingkungan pemkab bangka.
Hal itu dilakukan untuk mengecek kehadiran pegawainya setelah libur dan cuti bersama saat lebaran idul fitri 1440 H.
Dari sidak tersebut, empat orang pegawainya tidak berada ditempat dan tidak ada keterangan yang mana keempat pegawai tersebut merupakan tiga orang PNS dan satu honorer.
“Kami ingin melihat kehadiran pegawai kita dihari pertama kerja, terus terang PNS kita terkadang sudah diberi libur masih merasa kurang. Kita juga masih menemukan beberapa PNS yang belum masuk,” ungkapnya.
Ia akan memberi sanksi kepada para pegawai yang tidak hadir tersebut dan bahkan terancam akan diberhentikan.
“Pertama kita kasih peringatan kalah masih diulangi maka kita tidak kasih jabatan lagi, kalau untuk honor akan kita berhentikan. Sanksi ini harus ditegakan, jangan sampai nanti pns yang lain mengikuti jejak mereka kalau tidak kita tindak,” terang Mulkan.
Menurutnya tidak hadirnya pegawai pada hari pertama kerja tersebut merupakan karakter pribadi masing-masing yang kurang bertanggung jawab atas pekerjaan.
“Saya rasa kepala dinas sudah ingatkan para pegawainya masing-masing tapi kembali lagi kepersonalnya itu sendiri,” tambahnya.
Bahkan saat hendak berangkat ke kantor dinas PU untuk melakukan sidak, ia melihat pegawai yang menggunakan seragam dinas sedang nongkrong di warkop.
“Tadi kita lihat ada pegawai kita sarapan pagi tapi diluar kantor saat jam kerja. Seharusnya sarapan itu dirumah soalnya kita tidak seperti kota besar lainnya yang harus berangkat kerja jam tiga subuh karena macet,” ungkapnya.
Sementara itu, Wakil Bupati (Wabup) Bangka Syahbudin juga melaksanakan sidak kehadiran pegawai ASN (Aparatur Sipil Negara) dan non-ASN di hari pertama kerja usai cuti lebaran, Senin (10/06/2019) di kantor Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Dinkominfotik) Kabupaten Bangka.
Pada kesempatan tersebut, Wabup Bangka didampingi tim dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSMD) Kabupaten Bangka, Kepala Dinkominfotik Zulkarnain Idrus, dan Sekretaris Dinkominfotik M. Ansori Muslim langsung memantau kehadiran pegawai ASN dan Non ASN dengan mengumpulkan pegawai yang ada di ruang pertemuan dinas tersebut.
“Hari ini, kami, saya dan Pak Bupati Bangka berbagi tugas, kebetulan saya, salah satunya mendapatkan tugas sidak di Dinkominfotik ini. Alhamdulillah dari pantauan kita langsung sidak pagi hari ini, alhamdulillah tingkat kehadiran pegawai ASN dan non ASN disini sangat baik, sebesar 92%,” ungkap Wabup dalam arahannya
Penilaian Wabup tersebut sangar berdasar, sesuai dengan absensi kehadiran yang telah ditandatangai oleh pegawai kantor tersebut. Dari total pegawai sejumlah 62 orang yang terdiri dari 29 orang ASN dan 33 orang Non ASN. Hanya 6 orang pegawai saja yang tidak hadir, dimana dari ke-6 pegawai tersebut, 1orang pegawai ASN cuti melahirkan, 3 orang bertugas di pemancar Belinyu, 2 orang sedang peliputan kegiatan sidak Bupati Bangka.
“Kami menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kehadiran para pegawai pada pagi hari ini. Kita telah melaksanakan ibadah puasa ramadhan dan melaksanakan cuti bersama. Alhamdulillah pada tanggal 10 Juni ini, sesuai aturan yang ada, kita harus kembali bertugas seperti biasanya,” ujarnya
Wabup berharap, usai cuti lebaran bersama, semangat dan etos kerja dan kedisiplinan para pegawai semakin meningkat. Pekerjaan tugas dikantor yang menumpuk belum selesai diselesaikan dengan baik.(Mg419/6)

Related posts