Tidak Ditilang, Begini Cara Polantas Pangkalpinang Tindak Pengendara Tak Pakai Helm

  • Whatsapp
Petugas Satlantas Polres Pangkalpinang saat menyerahkan blanko berita acara penitipan barang bukti kepada pengendara yang terjaring operasi simpatik, Kamis (5/12/2019).(foto: istimewa)

PANGKALPINANG – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Pangkalpinang menggelar operasi simpatik menyasar pengguna kendaraan roda dua yang tidak menggunakan helm. Dijadwalkan kegiatan edukasi serta imbauan untuk patuh terhadap peraturan lalu lintas ini digelar pada 4 Desember 2019 hingga awal tahun 2020.

“Dalam operasi simpatik ini, apabila petugas kami menemukan pengendara sepeda motor tidak menggunakan helm maka petugas tidak melakukan tindakan tilang,” jelas Kasat Lantas Polres Pangkalpinang AKP Nicodemus Brahmana kepada wartawan, Kamis (5/12/2019).

Baca Juga

Hanya saja, dikatakan Nicodemus, pihaknya telah menyiapkan pengganti tilang, yakni petugas akan mengamankan SIM atau STNK pengendara motor yang tidak mengenakan helm. “Nantinya petugas kami memberikan blanko berita acara penitipan barang bukti sebagai bukti penitipan SIM maupun STNK,” lanjutnya.

Bagi pengendara yang mendapat blanko tersebut, kata Nicodemus, dapat mengambil barang bukti berupa SIM dan STNK dalam waktu 3 x 24 jam dengan catatan membawa helm dan membuat video pernyataan di depan polisi.

“Saat mengambil barang bukti, pengendara atau penumpang sudah menggunakan helm SNI, serta membuat video pernyataan bahwa tidak akan mengulangi kembali guna mendukung program tertib lalu lintas,” tutup Nicodemus. (das)

Related posts