by

Tidak Cukup Syarat, 695 Pemilih Dicoret KPU Babel

-NEWS-205 views
Ketua KPU Babel menyerahkan berita acara DPT hasil perbaikan kepada perwakilan Polda Babel, di Sahid Bangka, Kamis (13/9/2018). (foto: Roni Bayu)

DPT Babel 913.239

PANGKALPINANG – KPU Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencoret 695 DPT (Daftar Pemilih Tetap) melalui pleno dari hasil perbaikan yang telah dilakukan sehingga jumlah DPT menjadi 913.239, di Sahid Bangka, Kamis (13/9/2018). Sebelumnya saat pleno penetapan DPT, Selasa (1/8/2018) yang lalu, DPT Babel berjumlah 913.934 pemilih.
“Dibanding penetapan DPT 21 Agustus lalu memang ada penurunan. Tetapi tidak banyak hanya 695 pemilih. Kita perbaiki data karena ada yang ganda, meninggal dunia, pindah domisili dan karena belum cukup umur. Data yang tidak memenuhi syarat ini semuanya kita hapus,” kata Anggota KPU Babel Guid Cardi kepada wartawan.
Ia menjelaskan data ganda yang diperbaiki merupakan hasil rekomendasi dari Bawaslu RI sebanyak 1.157 pemilih.
“Kemudian kita analisis, pilah dan diturunkan ke kabupaten/kota dan mereka mencermati secara detil data pemilih yang disampaikan itu. Memang tidak seluruhnya masuk,” terangnya.
Selain menerima rekomendasi dari Bawaslu, lanjut Guid, pihaknya juga menerima data dari rekomendasi Partai politik (Parpol) untuk provinsi Babel sekitar 244 ribu yang dianggap ganda.
“244 ribu lebih data ganda ini kami cermati, analisis dan pilah di kabupaten/kota mana saja. Kemudian kita lihat pola kegandaannnya, apa ganda satu kali dalam dua nama yang sama,” imbuhnya.
Saat proses pencermatan, ungkap Guid, ditemukan hal mengejutkan. Dimana dalam pola ganda diketahui dalam satu nama sampai terulang 42 kali. “Ini sangat mengejutkan. Selanjutnya kita lihat dan analisis lagi itu terkonsentrasi di wilayah mana,” ujarnya.
Menurut Guid, KPU tidak mau terjebak dengan opini adanya data ganda di DPT, yang diindikasikan dimainkan oleh oknum-oknum yang mempunyai kepentingan. “Kita tidak membuat opini ke arah data yang disengaja atau apapun namanya. Kita hanya menganalisis, mencerna dan meneliti saja,” tutupnya. (ron/6)

Comment

BERITA TERBARU