Tiang PLN Jalan Puput Membahayakan

No comment 216 views

Satlantas dan Dinas Perhubungan Darat memasang Tripikun serta Tulisan Tanda Bahaya pada tiang listrik PLN yang berada hampir di tengah jalan setelah dilakukan pelebaran.(foto: raw).

Satlantas Diminta Segera Dicabut
Riky: Sudah Dianggarkan Dinas PU

TOBOALI – Sebanyak 7 tiang PLN yang berada di Jalan Puput Toboali dinilai sangat membahayakan. Pasalnya, 7 tiang PLN ini berada hampir di tengah jalan setelah Jalan Puput dilakukan pelebaran jalan. 
Namun, posisi tiang PLN yang paling berbahaya adalah 2 tiang yang letaknya persis di depan Kantor PLN Rayon Toboali. Hingga hari ini, meski proses pelebaran jalan hampir selesai, 7 tiang PLN belum juga dicabut dan dipindahkan. 
Demikian dikatakan Kasat Lantas Polres Basel AKP Herianto didampingi Kabid Perhubungan Darat Dinas PU, Penataan Ruang dan Perhubungan, Hairul kepada wartawan Jumat (11/8/2017). “Kondisi ini sangat rawan, sudah ada beberapa kendaraan bermotor yang mengalami kecelakaan, tetapi tidak melapor karena tidak begitu berbahaya, kemarin jalannya masih belum licin seperti ini, masih berbatu dan berlubang, tapi sekarang jalannya sudah hampir selesai, aspal hotmix sudah licin, jalannya lebar 15 meter, berpotensi pengendara berjalan dengan cukup kencang, sementara ada tiang listrik hampir di tengah jaraknya sekitar 4,5 meter dari siring atau bandar, itu sangat berbahaya,” jelas Herianto. Ia menyebutkan, kondisi ini berbahaya pada saat malam hari untuk mengantisipasi listrik padam, hujan deras, lampu redup serta malam hari. “Ini sangat berbahaya, sehingga harus segera dicabut dan dipindahkan tiang listrik dari tengah jalan, sebelumnya kita sudah menyampaikan hal ini kepada kontraktor jalannya, tetapi mereka bilang itu adalah kewenangan PLN,” kata Herianto. Ia menambahkan, untuk mengantisipasi kecelakaan lalu lintas, Satlantas bersama Bidang Perhubungan Darat memasang Tripikun, Tulisan Tanda Bahaya di 2 tiang PLN tersebut. 
Selain itu, meminta kepada PLN untuk memberikan lampu penerangan yang cukup agar pengendara tetap mengetahui keberadaan 2 tiang listrik di tengah jalan tersebut. 
Sementara itu, Kepala PLN Rayon Toboali Riky Saputra dikonfirmasi via ponselnya menyebutkan pemindahan tiang PLN tersebut sudah dianggarkan oleh Dinas PU di ABT 2017. Dalam hal ini, kata Riky, pihaknya hanya sebagai pelaksana pemindahan saja dengan berkoordinasi dengan Dinas PU dan Bidang Perhubungan. 
“Kita tidak ada anggaran untuk pemindahan tiang listrik, dan itu sudah dianggarkan Dinas PU di ABT, kita akan segera berkoordinasi dengan PU, karena KU APBD P 2017 sudah disepakati dalam paripurna,” jawab Riky.(raw/3) 

No Response

Leave a reply "Tiang PLN Jalan Puput Membahayakan"