Thomas Harap Pengusaha Jadi Anggota Kadin

  • Whatsapp

SUNGAILIAT – Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Bangka Belitung (Babel), Thomas Jusman mengharapkan kepada pengusaha untuk menjadi anggota Kadin. Sebagai wadah untuk menampung para pengusaha – pengusaha yang menggerak perekonomian, Kadin Babel saat ini, kata dia masih terkendala jumlah keanggotaan.
Terkait masalah tersebut, Kadin Babel mengimbau pemerintah pusat agar tanda daftar perusahaan itu harus anggota Kadin yang memiliki KTA Kadin.

“Nah, memang kami mengimbau pemerintah pusat bagaimana nanti misalnya, tanda daftar perusahaan itu harus anggota kadin yang memiliki KTA kadin. Keanggotaan kadin itu jadinya wajib. Jadi sementara ini belum ada ketentuan wajib. Saat ini makanya kita harapkan Kadin Indonesia dengan Kementerian Industri dan Perdagangan bagaimana wajib tanda daftar perusahaan itu wajib anggota Kadin,” ujar Thomas, kepada wartawan Rabu pagi (25/1/2017) saat Rapimprov Kadin Babel 2017 di Hotel Tanjung Pesona.

Menurut Thomas, salah satu alasan orang untuk bergabung dalam sebuah organisasi tentunya melihat manfaat yang diberikan organisasi bagi anggotanya. Namun, Thomas mengatakan kewajiban orang secara resmi maupun secara identitas jadi anggota Kadin itu memang tidak diharuskan sehingga tentunya saat ini keanggotan Kadin Babel memang tidak terlalu banyak.

“Tentunya kalau dulu menjadi pengusaha itu otomatis menjadi anggota kadin. Dan itu diwajibkan untuk membuat KTA, dan KTA itu bisa perlukan untuk keperluan pelelangan segala macam dan pada saat sekarang ini belum ada kewajiban itu. Tapi kita anggap semua pengusaha itu adalah anggota Kadin,” kata Thomas.

Thomas menambahkan sebuah organisasi akan lebih kuat, karena tak hanya berisi anggota saja namun harus didukung oleh keuangan anggota yang kuat pula. Dikatakan dia, banyak keuntungan yang dapat dinikmati anggota yang masuk dalam Kadin salah satunya advokasi, diskusi dan informasi terkini yang cepat didapatkan anggota.

“Tapi kalau untuk organisasi saya rasa lebih kuat. Karena kita tahu kalau organisasi ini kuat bukan hanya banyak anggota dan keuangan anggotanya harus kuat. Jadi anggota Kadin ini adalah presentasi anggota usaha. Tempatnya wadah kumpul para pengusaha dan tempatnya advokasi pengusaha. Kita sendiri memiliki 18 sektor. Syarat-syarat itu kan akan berhubungan dengan mitra-mitra strategis yang berhubungan dengan sektor-sektor tersebut. Sehingga ada forum – forum diskusi tentunya informasi – informasi perkembangan terkini dari dunia perekonomian di daerah terutama di Babel tentunya jadi anggota Kadin itu dapat informasi paling cepat,”jelasnya.(2nd/10)

Related posts