Tersandung Kasus Rasis, Unyil Tersangka

  • Whatsapp

Berkas Perkara Jalani Tahap I

SUNGAILIAT – Setelah dilaporkan Yanto alias Acun, pengelola karaoke atas tuduhan penghinaan terhadap suku, ras dan etnis, Fahrudin alias Unyil ditetapkan sebagai tersangka. Dan sejak Jum’at (3/7/2020), berkas perkara Unyil telah diserahkan dalam proses tahap I dari penyidik Polres Bangka kepada Kejaksaan Negeri Bangka.
Kasat Reskrim Polres Bangka, AKP. Dedi Setiawan, SIK membenarkan pelimpahan berkas tahap 1 perkara yang menjerat Unyil.

“Iya benar. Sudah dilimpahkan tahap 1. Terlapor tidak dilakukan penahanan,” ujarnya kepada Rakyat Pos, Minggu sore (5/7/2020).
Hal sama disampaikan Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Bangka, Rizal tadi malam. Ia mengatakan, berkas Unyil sudah menjalani tahap I dan masih dilakukan pemeriksaan oleh jaksa penuntut.

“Baru berkas perkara yang dilimpahkan penyidik. Sekarang masih diteliti sama jaksanya. Baru Jum’at kemarin kalo gak salah. Kalo gak salah tentang rasis. Besok saya cek lagi kepastiannya,” ujar Rizal saat dikonfirmasi.

Baca Lainnya

Unyil sebelumnya dilaporkan Acun pada tanggal 14 Februari 2020 lalu, lantaran diduga melakukan penghinaan terhadap suku, ras dan etnis saat berada di Pub dan Karoke ST 12 Sungailiat. Tidak hanya itu, Unyil disebutkan membuat gaduh lantaran enggan membayar tagihan dan berujung pada perkelahian. Unyil lalu melaporkan Acun dengan jeratan penganiayaan. Dan Acun melapor Unyil karena menghina dirinya.

Akibatnya, Unyil dijerat Pasal 16 Jo pasal 4 huruf b ayat 2 Undang-undang No. 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi/SARA. Sedangkan Acun dijerat tindak pidana penganiayaan sebagaimana diatur dalam Pasal 351 KUHP. (2nd/1)

Related posts