Tawarkan 213 Juta Benih, KKP: Silakan Ajukan Proposal

  • Whatsapp
Dirjen Perikanan Budidaya KKP, Heriyanto saat menjadi narasumber dalam kegiatan Forum Sosialisasi Kebijakan dan Bantuan Pemerintah Tingkat Provinsi di Hotel Puncak, Pangkalpinang, Selasa (5/3/2019). (foto:istimewa) 

PANGKALPINANG– Tahun 2019, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menawarkan sebanyak 213,9 juta ekor bantuan benih dan 155 ribu ekor bantuan induk. Hal tersebut diungkapkan narasumber dari Direktorat Perbenihan Dirjen Perikanan Budidaya KKP, Heriyanto dalam kegiatan Forum Sosialisasi Kebijakan dan Bantuan Pemerintah Tingkat Provinsi di Hotel Puncak Pangkalpinang, Selasa (5/3/2019).

Menurut Heriyanto, KKP membuka akses seluas luasnya kepada daerah untuk mengajukan bantuan benih ikan maupun bantuan induk.

“Kesempatan terbuka untuk kabupaten bila ada binaannya yang memerlukan benih ikan dan calon induk, silakan ajukan proposalnya melalui dinas kabupaten, dinas provinsi atau langsung melalui one data KKP, ” kata Heriyanto.

Dia menambahkan bahwa kualitas benih adalah kunci sukses kegiatan budidaya.
“UPT Balai Pemuliaan Ikan di bawah KKP menyediakan benih berkualitas, nanti proposal yang masuk akan di teruskan ke UPT terdekat,” katanya. “Sebagai contoh untuk benih lele, nila, mas, patin dan gurame bisa disediakan oleh BPBAT Sungai Gelam Jambi,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris DKP Babel, Harun mengimbau dinas perikanan kabupaten dan kota untuk memanfaatkan kesempatan yang diberikan oleh KKP.

“Tolong didata apabila ada unit pembenihan rakyat, Pokdakan atau LSM yang membutuhkan benih ikan atau induk ikan supaya dapat kita ajukan proposalnya,” kata Sekdis DKP.

KKP melalui Direktorat Perbenihan Dirjen Budidaya memberikan bantuan berupa 213, 9 juta benih ikan. Adapun benih yang ditawarkan oleh KKP diantaranya adalah benih untuk komoditas ikan air tawar seperti lele, nila, patin, gurame dan nilam.

Sedangkan untuk komoditas air payau seperti benih udang vaname, udang windu dan kepiting, serta ikan air laut seperti bawal bintang, kakap dan kerapu.(mutya/dkpbabel)

Related posts