Tarmizi Sinergi Program dengan Bateng

  • Whatsapp

Percepat Peningkatan Kesejahteraan
Kemarin, Kunjungi Pemkab Bateng
Selanjutnya ke Bangka Barat

KOBA – Bupati Bangka Tarmizi Saat mengajak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Tengah (Bateng) bersinergi program dalam rangka mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat di kedua daerah.

Program yang disinkronisasi berupa program unggulan di sektor pertanian, perikanan, pendidikan, kesehatan, pangan, perdagangan dan perindustrian beserta UMKM.

Sekitar 20 orang rombongan Pemkab Bangka yang bertandang ke Bateng kemarin. Rombongan langsung diterima oleh Sekda Bateng, Sugianto beserta para OPD di Pemkab Bateng.

Sekda Sugianto menyampaikan, kedatangan tamu dari Kabupaten Bangka ini, merupakan salah satu proses untuk menumbuhkan sektor perekonomian yakni melalui hubungan bilateral.

“Dengan potensi yang ada, kami ingin mengembangkan, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat bersama-sama dengan Kabupaten Bangka atau istilahnya bersinergi program,” ujarnya.

Ditambahkannya, pencapaian program yang sudah ada di Kabupaten Bangka sebagai kabupaten tertua menjadi inspirasi bagi Kabupaten Bateng yang masih muda.

“Apapun cerminan yang ada di Kabupaten Bangka menjadi motivasi kami. Dengan capaian Bateng yang sedikit ini, sedangkan pencapaian Kabupaten Bangka yang begitu banyak bisa menjadi dorongan bagi kemajuan Bateng,” tuturnya.

Ia mengungkapkan, muaranya dari pertemuan tersebut adalah pada tingkat kesejahteraan masyarakat. Percuma saja katanya, program bagus, tetapi tidak ada dampak positif bagi masyayarakt.

“Pasca kunjungan ini, akan dipollow up dengan dilakukan MoU antara Pemkab Bangka Tengah dan Pemkab Bangka. Soal program unggulan, nanti kita sinergikan, karena ada keunggulan Bangka salah satunya TPA nanti bisa kita tukar pikiran,” tukasnya.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Bangka Tarmizi Saat, mengucapkan terima kasih atas sambutan dari Pemkab Bateng.

Dikatakannya, Bateng dan Bangka menjadi kabupaten sentral di Babel untuk dijadikan pusat pertanian dan perikanan termasuk UMKM.

“Kami sengaja ke Bateng memang untuk sinergi program, karena kami lihat banyak program unggulan di Bateng yang bisa menjadi motivasi untuk diterapkan di Bangka. Nanti, setiap tamu yang ke Bangka diwajibkan ke Bateng. Sebaliknya, tamu di Bateng diwajibkan ke Bangka. Setelah ini rencana kami akan lanjut ke Bangka Barat,” ujarnya.

Pejabat Bateng yang sebelumnya pernah di Bangka, maka sekarang Bateng perlu disinergikan agar ada program bisa dipadukan. Seperti untuk meningkatkan sektor ekonomi, seperti pembangunan pabrik karet, pabrik ubi casesa, TPA dan Pupuk beserta lainnya.

“Bagaimana kedua daerah ini saling berinovasi antara Bangka dan Bateng menjadi pelopor. Bukan berarti kabupaten lain tidak bagus, namun bagaimana sama-sama kita sinergikan. Contoh lagi, dokter hewan di Bateng ada 9 orang, di Bangka cuma 2 orang. Dengan adanya sinergitas itu, maka saling mendukung. (ran/3).

Related posts