Tarmizi Saat Diperiksa Kejati

  • Whatsapp

Terkait Perijinan Pulomas
Perpanjangan Kontrak Dikaji Ulang

SUNGAILIAT – Bupati Bangka, Tarmizi H Saat tak memungkiri atas pemeriksaan yang dilakukan oleh penyidik Kajati Babel terkait pengerukan alur muara air kantung Sungailiat oleh PT Pulomas.
“Saya diperiksa sebagai Sekda tahun 2011 dan 2012 terkait Pulomas,” ujarnya saat dikonfirmasi sejumlah wartawan Sabtu malam kemarin (1/4/2017).
Disinggung soal pemeriksaan apa benar pemeriksaan yang dilakukan penyidik Kajati terhadap dirnya terkait retribusi yang tidak sesuai, Tarmizi pun hanya mengatakan pemeriksaan dirinya oleh penyidik Kajati terkait penambangan PT Pulomas di perairan air kantung Sungailiat.
“Untuk materinya itu saya rasa domainnya para penyidik lah. Tentu saja saya hadir disana untuk diminta keterangan setelah acara di kantor Gubernur. Saya ketemu bu Kajati, pak Waka Kajati juga, kemudian pak Adpidsus dan penyidiknya. Kemudian ada beberapa pertanyaan dan kita jawab yang kita tau karena izin pertambangan dikeluarkan tahun 2011, saya sebagai Sekdanya dan pak Yusroni sebagai Bupatinya,” katanya.
Atas pemeriksaan ini, apakah Pemkab Bangka akan dilakukan perpanjangan kontrak kerja dengan PT pulomas terhadap pengerukan alur muara Air Kantung, kata Tarmizi soal perizinan domainnya berada di Provinsi.
“Kita belum mengarah kesitu. Karna soal perizinan, itu domainnya provinsi. Tentunya kita tidak sembarangan memberikan rekomendasi. Dan berdasarkan diskusi kita dengan asisten pidana khusus Kajati itu banyak hal dan banyak ilmu yang disampaikan, saya rasa akan kita implementasikan dan kita bahas secara bersama dengan kawan di pemerintah daerah,” lanjutnya.
Disinggung kembali pemeriksaan dirinya oleh Kajati Babel terkait masalah retribusi yang dibayarkan ke pemerintah daerah yang tidak sesuai, Tarmizi menyarakan awak media menanyakan hal tersebut ke Dispenda Pemkab Bangka.
“Kalau soal itu bisa ditanyakan ke Dispendal lah karena memang ada mekanismenya. Kan masalah retribusi itu ada undang-undang dan peraturan daerahnya,” lanjutnya.(2nd/6)

Related posts