by

Tarmizi Pamit dan Haturkan Terima Kasih kepada Masyarakat

-Moment-301 views

Perayaan Tahun Baru Islam 1 Muharram

SUNGAILIAT – Kemeriahan perayaan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriah di Kelurahan Kenanga, Kecamatan Sungailiat selalu disambut seluruh masyarakatnya. Mulai dari hidangan yang disajikan di rumah untuk menyambut kerabat yang datang bersilaturahmi hingga gotong royong masyarakat di Masjid Al Mukminun sebagai pusat tempat acara perayaan 1 Muharram.

 

Di lokasi ini turut disajikan dulang raksasa yang berisi kue bolu kujo bagi undangan yang hadir Selasa pagi (11/9/2018) sembari mendengarkan tausiah yang disampaikan Ustaz Solmed. Yang berbeda pada perayaan Tahun Baru Islam 1 Muharam kali ini hadir Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) putra Mantan Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono.

Bupati Bangka, H.Tarmizi Saat memberikan apesiasi kepada masyarakat Kelurahan Kenanga yang telah melestarikan adat budaya turun temurun untuk merayakan perayaan Tahun Baru Islam 1 Muharram. “Pada tahun baru umat Islam kita tentu ingin berubah lebih baik dimana perubahan mindset berpikir, perubahan dalam meningkatkan ibadah dan perubahan semua komponen,” kata Tarmizi.

Dia mengingatkan agar di Tahun Baru Islam ini umat Islam kembali kepada Al Qur’an dengan mengamalkan dan menghayatinya sebagai tuntunan hidup. Menurutnya, perayaan 1 Muharram, Maulid Nabi, Ruah dan kegiatan hari besar keagamaan lainnya yang dirayakan oleh masyarakat di desa-desa di Kabupaten Bangka bisa mendukung pengembangan pariwisata di daerah.

“Dimana dalam perayaan hari besar keagamaan ini selalu ada acara makan bersama dalam tradisi Nganggung Sepintu Sedulang, dimana isi dulang diisi dengan bermacam-macam lauk yang menunjukan beragam suku di Kabupaten Bangka yang bersatu. Apalagi adanya sembonyan Fang Ngin Thong Ngin Jit Jong yang artinya Melayu China sama saja,”katanya.

Pada kesempatan ini, Tarmizi juga berpamitan kepada masyarakat di Kabupaten Bangka karena masa jabatannya sebagai Bupati Bangka akan berakhir pada 20 September nanti seiring dengan penetapan Daftar Caleg Tetap (DCT) karena mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI dari Partai Nasional Demokrasi (Nasdem).

“Saya berterima kasih atas segala doa masyarakat. Apa yang kita bangun mari kita jaga bersama dan kita dukung pemimpin yang baru demi kemasyalahatan dan kemajuan masyarakat Kabupaten Bangka ke depan,” harap Tarmizi.

Gubernur Babel H Erzaldi Rosman Djohan mengajak mengajak masyarakat untuk introspeksi diri apa yang sudah dilakukan pada tahun lalu 1439 hijriah lalu. Menurutnya, ambil langkah-langkah terbaik untuk melangkah di tahun yang akan datang dan lakukan tanpa terkecuali langkah demi langkah untuk suatu perubahan. “Insyaallah Allah akan berkati dan ridhoi Kelurahan Kenanga ini menjadi daerah yang berkembang dari tahun-tahun sebelumnya,” harapnya.

Kegiatan 1 Muharram di Kenanga ini turut dihadiri juga Wakil Gubernur Babel Abdul Fatah, Kapolda Babel Brigjen Pol Syaiful Zachri, para anggota legislatif dari DPR RI, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota, para caleg, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, para kepala Organisasi Perangkat Daerah di Provinsi Babel dan Kabupaten Bangka, para majelis taklim dan undangan lainnya.

Menariknya dalam Perayaan Tahun Baru Islam 1 Muharram di Kenanga ini semua pejabat, pengusaha maupun berbagai kalangan masyarakat yang hadir memberikan sumbangan yang terkumpul total sebesar Rp 9.542.000 untuk disumbangkan bagi pembangunan masjid di Nusa Tenggara Barat yang rusak akibat gempa. (2nd/10)

Comment

BERITA TERBARU