Tanpa Peran Kades Perpustakaan Desa Sulit Berjalan

  • Whatsapp
Kades dan sejumlah aparatur Desa Jelutung, Namang, Bangka Tengah menyambut kedatangan Pusling DKPUS Babel.(foto: ist/war).

RAKYATPOS.COM, NAMANG – Kegiatan Kunjungan Pelayanan Perpustakaan Keliling (Pusling) Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKPUS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Senin (23/11/2020) berlanjut ke Desa Jelutung, Kecamatan Namang, Kabupaten Bangka Tengah, Babel.

Kantor Desa Jelutung, menjadi titik Pelayanan Pusling dari DKPUS Babel di pimpin langsung Pustakawan DKPUS Babel, Dian Ekatama.

Read More

Kepala Desa (Kades) Jelutung, Syahril yang menyambut langsung kedatangan Pusling DKPUS Babel mengaku sangat senang pembukaan pelayanan Pusling di desanya.

Didampinggi sejumlah aparat desa setempat, Syahril mengatakan, Pusling ini sangat membantu menambah ilmu pengetahuan warga jelutung.

“Kami berharap Pusling lebih memperbanyak buku-buku tentang Pertanian, Peternakan dan buku-buku yang bersentuhan langsung dengan masyarakat sehari-hari,” harap Kades.

Di tempat yang sama, Kades Jelutung juga menyampaikan permasalahan tentang Perpustakaan di desanya.

“Di Bangka Tengah, setiap desa mempunyai Perpustakaan, begitu juga di Desa Jelutung. Kami berharap sekali DKPUS Babel dapat memberikan Pembinaan kepada kami tentang tata cara pengelolaan perpustakaan desa, dan ikut membantu penambahan buku koleksi perpustakaan di desa kami,” ungkap Kades Jelutung.

Menanggapi hal itu, Dian Ekatama selaku Pustakawan DKPUS Babel langsung memberikan masukan berkenaan dengan tata kelola perpustakaan desa.

Salah satu masukan itu, Perpustakaan Desa  harus melakukan kerja sama dengan perpustakaan kabupaten dengan menggunakan sistem pinjam buku. Karena Perpustakaan manapun tidak bisa melengkapi diri sendiri, terutama dalam pengadaan bahan pustaka yang sesuai kebutuhan pembaca

“Intinya, perhatian dan peran Kepala Desa sangat dominan. Dalam artian, tanpa peran Kades atau Lurah, Perpustakaan Desa sulit berjalan sebagaimana yang diharapkan,” ujar Dian.

Dikesempatan terpisah, Kepala DKPUS Babel Asyraf Suryadin mengatakan, DKPUS Babel jika memang dibutuhkan selalu siap memberikan pembinaan ke Perpustakaan-perpustakaan yang ada di desa-desa.

“Bekerja sama dengan DKPUS Kabupaten, kami siap memberikan pembinaan kepada Perpustakaan-perpustakaan desa. Kami siap menerjunkan Pustakawan kami,” kata Asyraf. (rel/war).

 

 

Related posts