Tanpa NEM dan Gratis, SMPN 5 Kace Penerimaan Siswa Perdana

  • Whatsapp

MENDOBARAT – Mimpi masyarakat Desa Kace, Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka, memiliki sekolah tingkat menengah pertama akhirnya terwujud.

SMP Negeri 5 Desa Kace Kecamatan Mendo Barat yang baru ditetapkan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan pada pertengahan Maret lalu, kini sudah mulai menjaring pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun pelajaran 2019/2020.

“Kami mengimbau kepada masyarakat Kecamatan Mendo Barat, SMPN 5 Desa Kace akan melaksanakan proses pendaftaran PPDB mulai hari ini, tanggal 17 s/d 22 Juni 2019, setiap pukul 07.00 s/d 12.00 WIB,” tegas Panitia Pembantu PPDB SMP Negeri 5 Desa Kace, Amba kepada wartawan, akhir pekan lalu.

Dikatakan oleh Amba, untuk proses PPDB pihaknya sementara menggunakan lokasi SD Negeri 21 Kace di lapangan bola Desa Kace. Hal ini dikarenakan gedung SMPN 5 masih dalam tahap pembangunan.

Ia berharap masyarakat sekitar antusias dengan adanya SMP negeri baru di wilayah itu.

“Adanya SMP Negeri ini, jangan sampai banyak anak-anak khususnya Desa Kace dan Cengkong Abang putus sekolah setelah lulus SD karena sulit mendaftarkan ke sekolahan akibat terbentubran Zonasi,” imbuhnya.

Untuk itu, lanjutnya lagi, pihaknya siap menampung sebanyak-banyaknya siswa baru yang ingin mengenyam pendidikan di sekolah itu.

“Persyaratan untuk masuk SMPN 5 Desa Kace mudah yakni tanpa NEM dan tidak dipungut bayaran alias gratis,” pungkas pria yang akrab disapa Aam ini.

Disisi lain, kehadiran SMPN 5 Kecamatan Mendo Barat semakin mendorong antusiasme masyarakat Desa Kace untuk memajukan dunia pendidikan.

Tokoh masyarakat Desa Kace Zainuddin Pay, mengatakan pendidikan menjadi faktor terpenting dalam pengembangan mental generasi muda.

Pay mengaku prihatin banyak anak yang putus sekolah di desanya. Ia bahkan mendatangi ke rumah anak-anak yang dimaksud dan mendorong mereka untuk kembali bersekolah.

“Hadirnya SMPN 5 Kace berawal dari niat mulia. Semoga ini menjadi solusi bagi anak-anak yang terbentur Zonasi,” timpalnya.

Pay mewakili masyarakat Desa Kace tak lupa mengucapkan terimakasih kepada Bupati Bangka, Mulkan, yang telah mendukung sehingga terwujudnya pembangunan SMP negeri di desanya.

“SMPN 5 Desa Kace milik seluruh masyarakat, mari kita jaga dan memajukannya agar menjadi sekolah favorit kedepannya,” pungkasnya. (ioa/6)

Related posts