Tambang Dukung Pariwisata, Kepala Bappenas Sempat Bingung

  • Whatsapp

PANGKALPINANG- Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman memanfaatkan kedatangan Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional atau Bappenas RI, Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro dengan mengajak ke lokasi rencana pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata di Pantai Timur Sungailiat, akhir pekan lalu.

Erzaldi menyebutkan, setelah melihat lokasi KEK pariwisata ini, Menteri Bapennas baru mengerti dan memahami bahwa usulan yang diajukan pemda memang tidak ada masalah, meskipun belum ditetapkan pemerintah pusat karena masih bersinggungan dengan pertambangan.

“Setelah pak Menteri melihat, semakin jelas inshaaAllah. Tadinya dia bingung kok tambang bisa dukung pariwisata? Kita jelaskan disana,” sebut Erzaldi.

Dalam dukungan pertambangan ini, sebut Erzaldi, nantinya PT Timah tetap melaksanakan aktivitas seperti biasa. Namun setelah menambang, perusahaan plat merah tersebut, katanya, harus melakukan perbaikan untuk mendukung pariwisata. “Setelah menambang di laut, perusahaan wajib melakukan reklamasi,” imbuhnya.

Ketika disinggung, apakah bisa perusahaan pertambangan diminta membantu pariwisata? Menurutnya hal tersebut bisa dan harus dilakukan sebagai timbal balik terhadap kerusakan yang ditimbulkannya.

“Iya mereka nambang tetapi kita minta tolong nanti kalau sudah selesai untuk pariwisata, saya yakin ini bisa,” katanya berharap usulan KEK pariwisata di dua lokasi di pulau Bangka ini, dapat segera disahkan oleh pemerintah pusat.(nov/10)

Related posts