Talangi Proyek APBN di Belitung, Duit PU Sudah Kembali Rp39 M

  • Whatsapp

Pangkalpinang – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pemprov Babel, sudah menerima dana pembangunan jalan melalui program hibah jalan daerah (PHJD) dari APBN sebesar Rp 39 Milliar, dari total Rp78 milliar yang dikeluarkan Dinas PUPR.
“Kita kan mendapatkan program hibah jalan daerah di Belitung sepanjang 47 km, tepatnya di Membalong, pembangunan selama tiga tahun, tahun pertama kita mendapatkan Rp78 Miliar, itu sudah kembali sekitar Rp39 Milliar,” kata Kadis PUPR Babel, Noviar Ishak, Selasa (8/10/2029).
Tahun kedua, sebutnya, Pemprov mendapatkan jatah Rp100 Miliar, dan tahun ketiga Rp80 miliar, pembangunan jalan ini menggunakan dana APBD terlebih dahulu, setelah itu baru diganti oleh APBN.
“Dari Rp78 sudah kembali Rp 39 M, enggak bisa semua, kemungkinan kembali Rp 70 M, untuk pembangunan sepanjang 13 Km, itu kita sudah untung,” ulasnya.
Tahun depan, sebutnya, tahun kedua program ini, dengan alokasi dana yang lebih besar, dan diperkirakan untuk mengaspal sekitar 17 Km.
“Jalan provinsi yang bagus nanti ada di sana, karena itu jalan di desa dengan lebarnya 7 meter, ada trotoarnya,” imbuhnya.
Selain program ini, tahun depan alokasi dana PUPR juga meningkat dibandingkan tahun 2019, tweutama untuk bina marga dan sumber daya air (SDA).
“Sumber daya air yang alokasinya meningkat tiga kali lipat kita usulkan, karena kita ingin menuntaskan penanggulangan banjir di beberapa titik,” sebutnya.
Noviar berharap, dengan alokasi anggaran yang memadai, pembangunan dan penanganan banjir di Babel dapat teratasi sehingga infrastruktur di Babel juga lebih maksimal dan masyarakat merasakan manfaatnya.
“Untuk anggaran 2020 kita belum bisa memastikan, tetapi dari usulan yang kita ajukan akan kita fokuskan untuk penanggulangan banjir, dan beberapa fokus lainnya,” tutupnya.(nov/6)

Related posts