Tak Pakai Lama, Cek Sampel Swab di Labkesda Babel Hanya Butuh Waktu 5 Jam

  • Whatsapp
Gubernur Babel, Erzaldi Rosman

RAKYATPOS.COM, PANGKALPINANG– Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman menyebutkan laboratorium untuk melakukan pemeriksaan swab dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) di Laboratorium Kesehatan Daerah Pemprov Babel sudah terverifikasi Kementerian Kesehatan.

Untuk memeriksa sampel swab, kata dia, paling lambat hanya membutuhkan waktu sekitar lima jam. Namun, dalam melakukan pemeriksaan swab, tim medis menunggu sampel lebih banyak, agar lebih efektif, mengingat ketersediaan reagen (cairan untuk tes Covid-19).

“Sekali putar, lab kita bisa 160 sampel, tapi kalau nggak sampai 160 kan sayang reagen nya kalau misalnya dipake nggak nyampe 160, kalau muter 50 saja kan jadi enggak efisien, makanya ditentukan jadwal putarnya,” kata Erzaldi saat konferensi pers, Rabu (3/6/2020).

Oleh karena itu, menurut dia, tim harus menunggu jumlah sampel agar maksimal, misalnya ditentukan setiap pukul berapa mulai dilakukan pemeriksaan swab.

Baca Lainnya

Disinggung masih ada kabupaten dan kota yang mengirimkan sampel swab ke Jakarta atau Palembang, Erzaldi mengaku tidak bisa mengintervensi. “Sebetulnya bisa di kita, tapi itu kan tergantung mereka (kabupaten dan kota), susah lah (bicara-red),” pungkasnya.(nov)

Related posts