by

Tak Mau 126 M, Gubernur Lobi DPRD

Erzaldi Rosman

Soal Pinjaman Dana ke PT SMI

PANGKALPINANG – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman akan kembali melobi Komisi I DPRD Bangka Belitung, agar pinjaman dana kepada PT SMI sebesar Rp446 miliar disetujui sepenuhnya. Sebelumnya, Komisi I DPRD hanya menyetujui Pemprov Babel ngutang ke PT SMI sebesar Rp126.357.361.00.
“Sisanya, kalau nanti mungkin kita belum dapat meyakinkan (DPRD) kita yakinlah lagi, ini mutlak kalau mau cepat,” katanya kepada wartawan di Ruang Pasir Padi Kantor Gubernur Babel, Rabu (10/10/2018).
Kendati demikian, Erzaldi menyerahkan sepenuhnya kepada DPRD terkait pinjaman ini, meskipun nominal yang disetujui belum sepenuhnya.
“Kita serahkan ke DPRD mana yang dilihat memang penting, pinjaman ini bukan berarti ketidakmampuan daerah, kita hanya ingin menarik cepat dan sebetulnya kita mampu tetapi kita ingin lebih cepat dalam pembangunan,” ujarnya.
Setelah disetujui oleh DPRD Babel, kata Erzaldi, pihaknya akan menghubungi lembaga terkait yang nantinya akan disyaratkan mekanisme peminjaman. Dimana untuk pembayaran akan dibayar dengan dana bagi hasil yang diterima pemerintah provinsi dari pemerintah pusat.
Seperti dilansir edisi kemarin, Komisi I DPRD Babel akhirnya merekomendasikan dan menyetujui peminjaman dana untuk pembangunan infrastruktur sebesar Rp126.357.361.000 yang diajukan Pemerintah Provinsi Babel kepada PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI).
Sekretaris Komisi I, Mansah kepada sejumlah wartawan di gedung DPRD Babel, Selasa (9/10/2018) mengungkapkan, setelah melakukan konsultasi, kajian hingga pertimbangan, mereka berkesimpulan dapat merekomendasikan peminjaman tersebut.
“Tadi sudah kita sampaikan kepada pimpinan, setelah kita kaji kita merekomendasikan dan menyetujui yang 126 miliar,” sebut Mansah.
Sedangkan upaya “ngutang” sebesar Rp320 miliar yang diusulkan oleh Pemprov Babel namun tidak melalui usulan RKUA-RPPAS, Komisi I menyarankan menggunakan peminjaman lagi melalui badan usaha. Yakni, investor dapat membangun, nantinya Pemda dapat mencicil biaya pembangunan tersebut. (ron/1)

Comment

BERITA TERBARU