Tak Bawa E KTP atau Suket, Pemilih Tak Bisa Mencoblos

  • Whatsapp

 

Amri R

RAKYATPOS.COM, TOBOALI – Ketua KPUD Basel Amri R mengingatkan warga Bangka Selatan yang memilik hak pilih agar membawa E KTP serta surat C Pemberitahuan saat akan ke TPS pada 9 Desember mendatang.

Read More

Pasalnya berdasarkan PKPU No 11, pemilih wajib menunjukan E KTP atau surat keterangan saat akan mencoblos. Jika pemilih tidak membawa E KTP maka KPPS tidak bisa memberikan surat suara untuk dicoblos.

“Hingga malam ini belum ada surat edaran yang mengatur tentang surat pemberitahuan tanpa bawa E KTP atau surat keterangan identitas diri, jadi pemilih wajib bawa E KTP saat akan mencoblos, jika tidak, petugas akan meminta pemilih pulang untuk mengambil E KTP nya,” jelas Amri, Senin (7/12/2020) malam.

Di sisi lain, Komisioner KPUD Basel Rahmad Nadi menyebutkan pihaknya bersama Dukcapil terus melakukan perekaman data keliling untuk memastikan warga Basel yang memiliki hak pilih dapat melakukan pencoblosan.

Menurutnya pada Jumat lalu masih ada sekitar 1500 lebih warga yang belum melakukan perekaman E KTP. “Perekaman keliling teruskan dilakukan ditambah perekaman di kecamatan, untuk warga yang masih proses rekam E KTP akan diterbitkan surat keterangan agar tetap bisa memberikan hak suaranya,” jelas Rahmad. Seperti dilansir KPU Basel merilis daftar pemilih tetap Bangka Selatan sebanyak 136.039 pemilih. (raw)

Related posts