by

Tahun Ini, 33 Berkah Mart di Bangka Terbentuk

-Bangka-71 views
Sosialisasi dan evaluasi Berkah Smart tahun 2019 di ruang pertemuan Kantor Bupati Bangka, Kamis (14/3/2019). (foto:istimewa)

SUNGAILIAT- Dinas Sosial dan Pemerintahan Desa (Dinsospemdes) Kabupaten Bangka menggelar sosialisasi dan evaluasi Berkah Smart tahun 2019 di ruang pertemuan Kantor Bupati Bangka, Kamis (14/3/2019). Tahun ini, rencananya akan terbentuk 33 Berkah Mart yang ada di sejumlah desa di Kabupaten Bangka.

“Kita tahun 2018 sudah ada 10 Berkah Mart yang telah terbentuk, namun terkhusus tahun ini ada 33 desa yang akan menerima bantuan pembangunan Berkah Mart ini dan mereka sudah siap. Untuk pengelolaan Berkah Mart tersebut yakni dari pihak BUMDes,” kata Kabid Pemberdayaan Usaha dan Ekonomi Dinas Sosial dan Pemerintahan Desa (Dinsospemdes) Kabupaten Bangka, Ita Pursita usai membuka kegiatan.

Lebih lanjut Ita menuturkan, sejauh ini pihaknya terus memberi pemahaman serta membimbing pemerintah desa terkait prosedur pencairan bantuan Berkah Mart tersebut. “Pemerintah provinsi sudah menginformasikan bahwa berkas harus sudah masuk sebelum triwulan kedua, jadi dalam hal ini terus melakukan bimbingan kepada pemerintah desa terkait tata cara pembuatan dokumen tersebut,”ungkapnya.

Menurut dia, program Berkah Mart adalah gagasan hebat dari Gubernur Babel. Diharapkan dengan adanya Berkah Mart dapat menekan kenaikan harga kebutuhan pokok dan mengendalikan inflasi, serta sekaligus desa sebagai tempat pertumbuhan ekonomi baru yang berdampak pada masyarakat yang mandiri.

“Melalui Berkah Mart ini pertumbuhan ekonomi betul -betul ada di masyarakat paling bawah yakni di pedesaan. Dengan Berkat Mart, diharapkan pertumbuhan ekonomi itu dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat, bukan dari pengusaha, untuk pengusaha dan oleh pengusaha,” jelasnya.

Ita mengakui, saat ini ada beberapa desa yang BUMDes nya belum berjalan maksimal. Dia berharap dengan adanya sosialisasi dan evaluasi dapat dicarikan solusi untuk pengembangan BUMDes yang mengelola Berkah Mart.

Dia menambahkan pada tahun 2018, Kabupaten Bangka, ada sepuluh desa yang mendapat bantuan keuangan dari Pemprov Babel, sebesar Rp 100 juta untuk Berkah Mart yaitu Desa Cit, Bebura, Banyuasin, Pelawan, Bukit Layang, Bakam, Kapuk, Maras Senang, Puding Besar dan Air Duren.

“Mudah-mudahan kesepuluh desatersebut, dapat memanfaatkan dana sebaik mungkin dan dapat menjalankan, mengembangkan usahanya untuk mendorong kemajuan desa,” harapnya.(2nd/10)

Comment

BERITA TERBARU