Kiri Sayap
kanan Sayap Kategori
Dibawah Menu

Tahun 2021, Harapan Kembali Bangkit

Pandemi Covid-19 masih saja berlanjut. Mungkin sebentar lagi akan berulangtahun untuk usianya yang ke satu tahun. Tentunya kita berharap tidak ada kelanjutan ulang tahunnya di negara kita, dan umumnya pada seluruh kehidupan manusia. Karena kehadirannya mengubah wajah kehidupan manusia yang begitu besar dan lebih banyak memburuk dari pada membaiknya. Ini adalah tantangan dalam kehidupan, yang harus kita lewati.

Berbagai upaya yang sudah digalakkan pemerintah dalam memberikan pengarahan kepada rakyatnya agar pandemi ini segera berakhir. Mulai dari penerapan 3M ( Memakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak ), PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat), dan yang baru-baru ini adalah penyuntikan vaksin untuk menghadapi virus tersebut. Hal ini semua dilakukan demi membaiknya situasi sulit yang saat ini kita alami.

Patutnya, sebagai warga negara yang baik tentunya kita harus mendukung upaya pemerintah dalam menghadapi situasi yang sulit ini. Boleh kritis, tapi jangan sampai menjatuhkan semangat optimisme dalam menghadapi bencana dunia yang sedang berlangsung. Dengan memberikan dukungan penuh secara moril maupun secara materil untuk memperbaiki situasi darurat yang berlangsung cukup lama.

Ditambah lagi, kondisi negara kita sekarang tidak baik baik saja. Berbagai bencana alam melanda berbagai wilayah yang ada dinegara ini. Kita sedang menghadapi masalah besar, yang karena kehadirannya kita harus bergandengan tangan, bahu membahu untuk meringankan beban antara satu dengan yang lain. Bukan malah menjatuhkan, menyikut kanan kiri dan saling senggol untuk merobohkan.

Jika diibaratkan kapal yang berlayar, kita berhadapan dengan badai besar, dan kondisi kapal kita kemasukan air laut yang memungkinkan kapal itu karam ditengah lautan. Untuk itu, kita harus saling bekerja sama untuk menguras air laut yang ada di kapal dan mengikuti instruksi dari nahkoda kapal agar semua yang berada di kapal bisa selamat sampai tujuan. Diperlukan kerja sama yang baik agar semua bisa terselamatkan.

Jangan malah menambah beban, dengan mengeluarkan statemen yang meresahkan masyarakat. Ini demi keselamatan kita bersama. Harus mengendalikan ego kita sebaik mungkin. Tidak lantas memaksakan kehendak. Apapun hasilnya, bagaimanapun nanti perubahannya harus kita terima dengan ikhlas. Karena sangat naif sekali ketika kondisi dadurat seperti ini, kita hanya berpangku tangan atau lebih buruk dari itu, yakni menyoraki orang yang sedang berjuang menyelesaikan masalah ini. Ini bukan sikap warga negara yang baik.

Kita harus mendukung upaya pemerintah dalam menghadapi ujian yang begitu berat ini. Sikap kritis tentu diperlukan, hanya saja kritik yang membangun dan bukan kritik yang menjatuhkan. Kedewasaan sikap, pola pikir dan tindakan yang harus dijaga dengan mempelajari kondisi lingkungan sekitar dan memberikan dukungan kepada satu dan yang lain, bahwa ini akan segera selesai. Jangan lupa untuk senantiasa berdo’a kepada Tuhan Yang Maha Esa agar senantiasa kita mendapatkan rahmat-Nya, dan di tahun 2021 ini, harapan bisa kembali bangkit.(***).

Diatas Footer
Light Dark