SuSu Pengganti Tiba di Babel, Dijemput Langsung ke Percetakan Karawang

  • Whatsapp

Diangkut via Pesawat dari Jakarta

Sebanyak 42.000 lembar lebih surat suara baru Pemilu Serentak 17 April 2019 untuk wilayah Bangka Belitung (Babel), Minggu petang (14/4/2019) tiba di Terminal Kargo Bandara Depati Amir Kota Pangkalpinang.
Surat suara pengganti yang sebelumnya rusak tersebut dijemput oleh staf KPU didampingi Bawaslu di percetakan PT Gramedia Karawang, Jawa Barat kemudian diangkut menggunakan pesawat Lion Air dari Jakarta ke Pangkalpinang.
Ketua KPU Provinsi Babel, Davitri saat ditemui di Bandara Depati Amir tadi malam mengatakan, proses pengiriman surat suara pengganti untuk Pemilu 2019 tersebut berjalan lancar.
“Dibawa dengan pesawat Lion Air, terbang dari Jakarta sekitar pukul 15.50 WIB dan tiba sekitar pukul 17.00. Sesuai rencana, hari ini (tadi malam) sampai dan langsung didistribusikan ke KPU kabupaten/kota di Babel,” jelas Davitri.
Dikatakannya, surat suara tersebut langsung didistribusikan ke kabupaten/kota untuk segera dilakukan proses penyortiran dan pelipatan.
“Langsung kita distribusikan dari Bandara Depati Amir ini ke kabupaten/kota dan malam hari ini (tadi malam) kita minta segera melakukan sortir dan pelipatan,” terangnya.
Lebih lanjut menurut dia, pendistribusian surat suara pengganti ini untuk memenuhi kekurangan-kekurangan surat suara yang ada di Tempat Pemungutan Suara (TPS) sesuai dengan jenis surat suara yang kurang atau rusak.
“Seperti surat suara pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, kemudian DPD, DPR RI, DPRD provinsi, DPRD kabupaten dan kota,” jelasnya.

SUSU PENGGANTI – Sebanyak 42.000 lembar lebih surat suara (susu) pengganti yang rusak dan kurang di Babel, Minggu petang (14/4/2019) tiba di Terminal Kargo Bandara Depati Amir Kota Pangkalpinang. Susu ini dijemput staf KPU didampingi Bawaslu di percetakan PT Gramedia Karawang, kemudian diangkut pesawat dari Jakarta ke Pangkalpinang. Tampak komisioner serta staf KPU dan Bawaslu memeriksa susu di bandara. (Foto: Roni Bayu)

Davitri percaya kinerja KPU kabupaten/kota ini bisa dituntaskan dan tidak ada lagi kekurangan logistik Pemilu 2019. Dia berdoa surat suara ini bisa sampai di TPS masing-masing tepat pada waktunya.
“Surat suara sudah lengkap tidak ada kendala terkait jumlah, baik di TPS reguler dan TPS berbasis DPTb. Kita monitoring sampai besok (hari ini-red) perlengkapan logistik, jumlah surat suara ini 42.000,” katanya.
Sementara, Komisioner Bawaslu Babel Divisi Pengawasan, Humas dan Hubal, Andi Budi Yulianto saat hadir melakukan pengawasan mengakui, surat suara yang sudah sampai di Pulau Bangka sesuai jumlah kekurangan dan KPU bergerak melakukan pelipatan dan penyortiran.
“Untuk di Belitung, sudah menggunakan pesawat Sriwijaya (dari Jakarta-red) jam 14.00 sudah sampai di Belitung. Sudah ada Divisi Penindakan Bawaslu Belitung dalam pengawasan distribusi surat suara tersebut. Kita belum mendapat informasi masih kurang atau belum. Belum lagi pengawasan terkait masa tenang, ada dua fokus, pengawasan logistik dan pengawasan masa tenang,” tukasnya. (ron/6)

Related posts