Suranto Dinonjob, Yamowa Masih Dipelajari

  • Whatsapp

Dilain pihak, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah rusak citranya dengan ditetapkannya dua pejabat setingkat kepala dinas atau eselon II sebagai tersangka dan ditahan. Kedua pejabat ini terjerat kasus hukum yang berbeda, namun mencoreng nama baik Pemprov Babel.

Tapi sayangnya, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman dianggap berlaku tidak adil terhadap jabatan kedua tersangka tersebut. Jika tersangka Suranto Wibowo yang telah ditangkap oleh tim Penyidik Pidana Khusus Kejaksaan Tinggi Bangka Belitung (Pidsus Kejati Babel) dengan kasus dugaan tindak pidana korupsi dicopot dari jabatan Staf Ahli Gubernur, sedangkan Kepala Satpol PP Babel, Yamowa Harefa sebagai tersangka dugaan penipuan, penggelapan dan pengancaman yang dilapor salah satu tempat hiburan, masih menjabat.

Kepala BKPSDM Pemprov Babel Sahirman Jumli menyebutkan, untuk status jabatan mantan Kadis ESDM Pemprov Babel, Suranto Wibowo itu, memang sudah di-nonjob-kan. Suranto dicopot dari jabatannya pascaditangkap tim Intelijen Kejaksaan Agung dan Tipidsus Kejati Babel di Cisarua, Bogor.
“Untuk Pak Suranto sudah nonjob,” kata Sahirman ketika dikonfirmasi Selasa (8/10/2019).
Disinggung untuk status jabatan Kepala Satpol PP Pemprov Babel, Yamowa yang terjerat dugaan kasus penipuan di salah satu tempat hiburan, Sahirman justeru menegaskan masih dipelajari.
“Sedangkan untuk Pak Yamoa kami pelajari lagi aturannya dan koordinasi lagi dengan tim,” tutupnya singkat.

Baca Lainnya

Yamoa ditetapkan sebagai tersangka oleh Penyidik Subdit 3 Jatanras Ditreskrimum Polda Babel dan Senin (7/10/2019) menjalani pemeriksaan pertamanya, setelah dinaikan statusnya dari saksi terlapor menjadi tersangka.
“Siap bro (wartawan-red), ya benar. Yang jelas, hari ini (Senin) beliau diperiksa sebagai tsk (tersangka-red),” tegas Kasubdit Jatanras, AKBP Wahyudi seizing Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Babel, Kombes Pol Budi Hariyanto saat dihubungi Rakyat Pos. Menurut Wahyudi, oknum Kasatpol PP Babel ini sebelumnya sudah pernah diperiksa. Tapi saat proses penyelidikan, statusnya masih sebagai saksi terlapor.

“Kemudian, kita gelar perkara kan, dan hasil gelar perkara tersebut dapat ditingkatkan ke proses sidik. Nah, saat ini sedang dalam proses sidik,” jelasnya.
Saat ditanya, apakah tersangka ditahan oleh penyidik, Wahyudi menyebutkan meski telah menyandang status sebagai tersangka, Yamoa belum ditahan.

Related posts