Sungailiat Triathlon Telan APBD Rp998 Juta

  • Whatsapp
Konferensi Pers- Jelang pelaksanaan Sungailiat Triathlon, Pemkab Bangka dan panitia melaksanakan konferensi pers di Tanjung Pesona, Kamis (20/4/2017). (foto:Cepeng Susanti)

Thony: Memang Butuh Biaya Besar
Pengamanan Libatkan 320 Personel

SUNGAILIAT- Sebanyak 523 peserta akan mengikuti Sungailiat Triathlon, Sabtu (22/4/2017) mendatang. Peserta tersebut dari 16 provinsi dan 16 negara. Untuk long distance ada 47 peserta, standar distance 214 peserta, standar relay, 8 tim (24 peserta) dan sprint distance dengan peserta 238 orang.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Bangka Tony Marza mengatakan, pihaknya menganggarkan dana sebesar Rp998 juta untuk mendukung kegiatan Sungailiat Triathlon. Menurut dia, Sungailiat Triathlon merupakan icon wisata untuk Kabupaten Bangka dengan tujuan menarik kunjungan wisatawan.

“Apa kembali ke pemda segala sesuatu seperti belanja publik, ada uang keluar, ada yang didapat. Orang menyebut triathlon ingat Sungailiat. Ini adalah icon untuk promosi memang membutuhkan biaya besar. Kegiatan sport tourisme sebagai bahan promosi gratis. Ketika merasakan atmosfir baik di Sungailiat, mereka akan bercerita kepada teman dan keluarga,” kata Tony saat konferensi pers Sungailiat Triathlon 2017, Kamis (20/4/2017) di ruang pertemuan Arwana Tanjung Pesona Beach.

Lebih lanjut Tony mengatakan untuk pengamanan akan dilakukan secara terpadu dengan melibatkan kepolisian dan Satpol PP. Kepada masyarakat, ia berharap dukungan, salah satunya adalah untuk mengandangkan hewan peliharaan agar tidak berkeliaran di jalan yang akan dilalui peserta Sungailiat Triathlon.

“Untuk pengamanan, ada penambahan personel dari tahun sebelumnya 246 menjadi 320 orang untuk memberikan kenyamanan peserta dalam mengikuti race. Bagi masyarakat, jalur yang sudah ditutup jangan lagi menerobos. Selain untuk keselamatan kita, harus melihat keselamatan orang lain,” harapnya.

Ketua Panitia Sungailiat Triathlon 2017, Arman Agus mengatakan kegiatan Sungailiat Triathlon 2017 adalah tahun kelima penyelenggaraan sejak tahun 2013. Menurutnya, kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT Kota Sungailiat dan bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara ke Kabupaten Bangka.

“Sungailiat Triathlon sudah menjadi agenda wisata tahunan yang dimeriahkan dengan festival kuliner khas Bangka, bazar kerajinan tangan dan souvenir, atraksi kesenian dan nganggung atau sepintu sedulang,” kata Arman. (snt/10)

Related posts