Sungailiat Triathlon 2017, Sekda Minta Panitia Evaluasi Kekurangan

  • Whatsapp
Serah Hadiah- Wabup Bangka, Rustamsyah menyerahkan hadiah kepada juara 1, 2 dan 3 salah satu kategori lomba yang dipertandingkan pada Sungailiat Triathlon 2017, Sabtu lalu . (foto:Cepenk Susantie)

Kementerian Nilai Teknis Sudah Bagus

SUNGAILIAT – Bupati Bangka, H. Tarmizi Saat mengharapkan kepada media massa untuk memberikan masukan apa yang menjadi kekurangan pada pelaksanaan event pariwisata yang dilaksanakan Pemkab Bangka, termasuk Sungailiat Triathlon yang digelar Sabtu (22/4/2017).

“Tujuannya agar menjadi bahan kami (pemda-red) untuk meramu lebih baik ke depan. Bentuk dukungan pengembangan pariwisata tidak hanya pantai tapi kuliner, UMKM, listrik dan air. Kalau semua berjalan, bisa,” kata Tarmizi kepada wartawan di arena Sungailiat Triathlon, Sabtu.

Pelaksanaan Sungailiat Triathlon, kata dia bersumber dari APBD dibantu dukungan dari provinsi. Menurutnya yang besar bermula dari yang kecil. Nanti secara integral dan holistik dipandu dan dibina kementerian dan provinsi. Semua pelaku pariwisata dan rencana kawasan ekonomi khusus sudah menyusun program untuk tahun mendatang.

“Kegiatan Sungailiat Triathlon ide dari saya saat jadi sekda karena saya nonton di televisi swasta ada lomba begitu jadi ide muncul awal mau berenang dari Teluk Kelabat ke Dermaga Belinyu sampai ke Bakik tapi karena ada ikan besar jadi tidak jadi. Saya ubah ke sungai Baturusa rupanya banyak buaya jadi lari ke Matras dan kesini,” bebernya.

Dana pelaksanaan Sungailiat Triathlon, ditambahkannya untuk anggaran secara bertahap naik. Saat ini dianggarkan Rp 1 miliar, kemudian Rp 7 miliar dan lama-lama, kata dia, bisa sampai triliunan. “Proses seperti itu tidak bisa sekaligus. Loncat tidak bisa sekaligus jadi tidak patah kaki,” imbuhnya.

Ia berharap, event yang ada di Babel tidak boleh putus setiap tahun. Di Belitung apa, Bangka, Bangka Tengah apa dan pihak provinsi tinggal melaksanakan monitor.

Sekda Pemprov Babel, Yan Megawandi mengatakan pelaksanaan pengembangan pariwisata dikoordinasi di level pemerintahan, baik kabupaten/kota. “Ini (Sungailiat Triathlon-red) belum selesai nanti panitia ada evaluasi kelebihan kekurangan event triathlon ini,” kata Yan.

Menurutnya, koordinasi pelaksanaan Sungailiat Triathlon harus ditingkatkan. Diperencanaan pemerintah, rencana kegiatan satu sebelumnya sudah dimasukkan.

“Tahun ini kita sudah koordinasi di Menpora. Kita di bandrol untuk memberi dukungan saja. APBD kita termasuk Rp 2,6 triliun, tidak apa-apa dibanding Rp 34 triliun yang lain. Bandingkan DKI pening malah,” tukasnya.

Sekda berharap semua kabupaten di Babel mampu menyelenggarakan event-event nasional dan internasional. Nantinya, kata dia, provinsi mendukung supaya event lebih besar.

Lusiana dari Tim Pengembangan 10 Destinasi Wisata Kementerian Pariwisata RI, mengungkapkan keunggulan daerah harus terus ditingkatkan dan dikabarkan ke wisatawan lokal dan internasional. Ia menilai teknis dan pemasaran pemasaran Sungailiat Triathlon sudah bagus. Wisatawan mancanegara sudah banyak ikut serta dari 16 negara. “Ada festival kuliner sehingga wisatawan bisa melihat makanan khas disini. Tahun depan lebih besar marketing ke negara lain. Kami kemarin mengadakan press conference di pusat,” katanya.(snt/10)

Related posts