Sumadi: Pendidikan Karakter Adalah Ketauladanan

  • Whatsapp
Kadisdibud Basel saat membuka sosialisasi penguatan pendidikan karakter di SMPN 1 Toboali (ist)

*Peran Guru Tak Bisa Diganti dengan Digital

TOBOALI- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  Kabupaten Bangka Selatan menggelar sosialisasi penguatan pendidikan karakter jenjang SMP/MTs di SMPN 1 Toboali jumat (21/2/2020).

 

Ketua panitia pelaksana kegiatan  Amirullah mengatakan sosialisasi ini bertujuan untuk membekali siswa serta untuk menumbuhkan generasi penerus agar memiliki bekal karakter, baik keterampilan, literasi yang tinggi dan memiliki kompetensi abad 21, yaitu mampu berfikir kritis, analitis, kreatif, komunikatif dan kolaboratif”, ujar Amirullah.

Baca Lainnya

 

Menurutnya, kegiatan ini melibatkan seluruh wakil kepala sekolah bidang kesiswaan dan guru bimbingan dan konseling tingkat SMP/MTS se kabupaten Bangka Selatan. Kegiatan ini menghadirkan narasumber Kabid SMP Ardiansyah, S.Pd.I, Yadi, S.Pd.Mat dan Amirullah, S.Pd. Sementara itu, Sumadi, S.Pd dalam sambuatannya mengatakan pendidikan karakter ini sangat penting karena ini merupakan tugas yang sangat mulia.

 

“Tugas guru itu sangat mulia, yaitu merubah perilaku anak  dari tidak baik menjadi baik, dan itu harus dicontohkan oleh guru, karena guru adalah model. Seorang guru yang mengajar akan selalu diamati oleh siswanya. singkatnya, pendidikan karakter ini adalah ketauladanan”, kata Sumadi.

 

Ardiansyah, S.Pd.I, selaku narasumber menyampaikan pentingnya pendidikan karakter. Ia menuturkan walau saat ini berada dalam era digital, tapi peran guru adalah yang paling utama. “Anak tidak  bisa dibantu dengan digital, tetapi yang sangat berperan dalam pendidikan karakter anak adalah peran guru. Guru harus bersentuhan langsung dengan anak, jadi peran guru tidak bisa diganti dengan digital”, ujar nya.

 

Hadir dalam sosialisasi tersebut Kasi Kurikulum, Heri Sunandar, Aiwa, Kasi Sarpras dan Kelembagaan, Pengawas SMP serta seluruh Waka Kesiswaan dan Guru Bimbingan Konseling se Kabupaten Bangka Selatan. (raw)

Related posts