Sudah 437 Orang Rapid Tes Gratis, Pemkab Bangka Anggarkan Rp1,3 Miliar

  • Whatsapp

Pemerintah Kabupaten Bangka telah sepekan memberikan kemudahan bagi warganya yang ingin keluar daerah dengan menggratiskan biaya rapid tes. Bahkan Pemda Bangka sendiri menargetkan sebanyak 9.800 orang mengikuti program ini untuk semua kalangan baik mahasiswa, ASN, anggota dewan hingga warga luar Bangka yang ingin kembali ke daerah asal.
Juru Bicara GTPPC Kabupaten Bangka, Boy Yandra mengatakan saat ini sudah 437 orang yang memanfaatkan program tersebut. Biaya rapid tes ini dibebankan melalui dana relaksasi untuk Covid-19 daerah dengan anggaran sekitar Rp1,3 miliar.

“Sejak dibuka 2 Juli hingga 8 Juli ini sudah ada sekitar 437 orang yang ikut rapid tes gratis mulai dari pelajar atau mahasiswa, masyarakat umum hingga ASN yang kunjungan keluar daerah,” ungkapnya, Rabu (8/7/2020).
Menurutnya rapid tes gratis tersebut bertujuan untuk membantu masyarakat yang membutuhkannya karena memang harus memiliki surat keterangan sudah mengikuti rapid tes agar bisa keluar daerah.

“Masyarakat kita memang butuh rapid tes ini karena memang tujuan kita untuk membantu seperti mahasiswa yang ingin kembali kuliah ataupun masyarakat kita yang sedang sakit dan berobat diluar daerah,” tambahnya.
Boy juga mengatakan bahwa pelaksanaan rapid test gratis ini sekaligus membantu tim kesehatan guna mempercepat memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Bangka.
Untuk mendapatkan rapid tes gratis tersebut, warga cukup membawa KTP, kartu pelajar atau mahasiswa, serta surat tugas bagi pegawai yang ingin keluar daerah ke Kepala BPBD Bangka.

“Nanti kepala BPBD yang memberikan surat atau nota persetujuan dan akan diteruskan ke Rumah Sakit Depati Bahrin untuk pelaksanaan rapid tesnya,” terang Boy.
Saat ini terdapat 58 orang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Bangka dimana yang sudah dinyatakan sembuh sebanyak 57 orang.
“Saat ini masih ada satu orang pasien yang terkonfirmasi positif. Untuk itu kita harus meningkatkan kesadaran agar lebih disiplin menjalankan protokol kesehatan dengan menggunakan masker, jaga jarak hingga cuci tangan dengan sabun,” tutupnya. (mla/6)

Baca Lainnya

Related posts