STQ Momentum Bentuk Insan Cendikia Qur’ani

  • Whatsapp

SUNGAILIAT – Bupati Bangka, Mulkan secara resmi membuka Seleksi Tilawatil Quran dan Hadis (STQH) ke-XI tingkat Kabupaten Bangka, Selasa malam (19/3/2019). Kegiatan STQ dipusatkan di halaman Masjid Agung Sungailiat.

Dalam sambutannya Mulkan mengatakan STQ sebagai sarana memperat ukhuwah Islamiyah dan persaudaraan sesama muslim, khusunya diantara peserta, official dan diantara kafilah, maupun kafilah dengan masyarakat.

“STQ merupakan wadah membentuk para cendekia Qur’ani. Tentu diharapkan bukan hanya membaca Al-Qur’an saja, namun mampu mengkaji serta mendalami isi yang terkandung didalamnya,” kata Mulkan.

Menurutnya, dengan gelaran STQ juga berdampak pembentukan karakter dan akhlakul karimah serta mengajarkan prinsip-prinsip hukum dan etika sebagai bingkai normatif untuk mewujudkan masyarakat yang harmonis dimanapun berada.

Selain itu, kita suci Al-Quran merupakan tuntunan utama bagi kaum muslim untuk menjadi bahan dalam hidup di dunia dan akhirat, juga sebagai koridor petunjuk untuk menjadi bahan dalam hidup di dunia dan akhirat.

”Al-Quran juga sebagai koridor dan petunjuk bagi kita semua untuk mengamalkan Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari. Al-Quran berisikan apa yang dibutuhkan dan dimengerti oleh manusia, baik kebutuhan masa kini dan maupun yang akan datang,” ujarnya.

Mulkan menambahkan, Al-Quran tidak hanya harus dibaca, tetapi hendaknya dikaji, dipahami serta harus diamalkan sehingga menjadi cahaya yang memancar dari dalam hati nurani. Keberhasilan STQ bukan dari jumlah penyelenggara atau jumlah qori, qoriah dan para hafiz Qur’an, akan tetapi dilihat dalam jangkauan yang lebih luas dan mendasar.

“Terutama dari sisi pembentukan mental dan kararter dan akhlak masyarakat, sehingga nilai-nilai etika sosial yang bersumber dari Al Quran dapat mewarnai dan mencerminkan perilaku manusia ditengah-tengah masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana STQH ke-XI Kabupaten Bangka, Tedy Sudarsono mengatakan tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut dalam rangka pemberantasan buta huruf Al-Quran dan lebih memasyarakatkan Al-Quran ditengah masyarakat.

Selain itu, dapat memberikan kesempatan kepada para generasi muda, yang berprestasi dalam seni baca, menulis, menghafal serta memahami isi Al-Quran dalam mewujudkan pencapaian prestai generasi muda dibidang keimanan dan ketakwaan.

“STQ tingkat kabupaten ini sekaligus ajang seleksi peserta yang akan mengkuti STQ tingkat provinsi Babel di Pangkalpinang dan di tingkat nasional di Kalimantan Barat nantinya,” katanya.

Adapun cabang yang diperlombakan antara lain cabang Tilawatil Quran, Hizil Quran, Musabaqoh Hadis Nabi. STQH akan dilaksanakan selama lima hari mulai 19-25 Maret 2019.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka, Paidi berharap masyarakat dapat ikut serta berpartisipasi untuk datang menyaksikan STQH Kabupaten Bangka.

“Harapan kita kepada masyarakat untuk datang menyaksikan, paling tidak memberikan semangat, sekaligus kita ambil bagian. Berikan semangat kepada peserta, mudah-mudahan ada nilai tambah, dengan menghadiri acara ini. Kepada para qori dan qoriah untuk menunjukan hasil mereka dihargai oleh pemerintah, bukan untuk pamer dan lainya dan ini merupakan syiarnya dapat tumbuh berkembang,”ujarnya. (2nd/10)

Related posts