SPAM Miliaran Rupiah di Basel tidak Beroperasi, Sebagian Peralatan Hilang

  • Whatsapp
Anggota DPRD Basel, Samsir saat melakukan kunjungan kerja.(foto: dedy).

RAKYATPOS.COM, TOBOALI – Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Samsir, melakukan kunjungan kerja ke satuan kerja pengembangan sistem penyediaan air minum (SPAM) Babel, Rabu (24/6/2020).

Samsir mempertanyaan sejumlah SPAM yang bersumber dari APBN di kecamatan dan desa di Bangka Selatan apakah sudah diserahterimakan ke Bangka Selatan, karena faktual di lapangan sekitar 80 persen SPAM tidak jalan (beroperasi), dan tidak terpelihara dengan baik, bahkan sebagian peralatan sudah hilang.

Dari hasil kunjungan kerja tersebut, sudah 20 PAM yang sudah diserahterimakan, tahun ini, akan diserahterimakan kembali ke 8 tempat.

Dalam hasil kunjungan kerja itu, yang terkaji selama ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Basel melalui UPT PAM belum menjalankan koordinasi dan serah terima ke desa yang dibangun SPAM.

Baca Lainnya

“Kades juga tidak tahu apakah sudah serah terima, belum tahu dan tidak ditindaklanjuti. Satu unit SPAM pedesaan itu, rata – rata nilai proyek Rp 1 – 5 miliar, tapi tidak dijalankan dan dipelihara. Menindaklanjuti hal ini, Komisi III akan mengadakan rapat kerja tentang serah terima dan pemeliharaan denga UPT PAM,” pungkas Samsir. (raw/3)

Related posts