Sosok Almarhum Basri Karim di Mata Ketua DPW PAN Babel

  • Whatsapp
Pemakaman almarhum Basri Karim di Koba, Rabu (21/8/2019). (foto: Muhammad Tamimi)

KOBA – Semasa hidup Basri Karim cukup banyak berkiprah dalam pembangunan di Bangka Tengah khususnya di tubuh Partai Amanat Nasional (PAN) Bangka Belitung.

Ketua DPW PAN Babel Patrianusa Sjahrun menceritakan, almarhum Basri Karim merupakan pejuang pembentukan PAN di Bangka Belitung sejak tahun 1999 hingga 2019.

“Dulu almarhum kerja di Koba Tin, kemudian jabat Ketua DPD PAN Bateng, dilanjutkan Ketua DPW PAN dan terakhir mengabdi sebagai Pengurus MPP PAN Babel,” ujar Patrianusa kepada Rakyat Pos, Rabu (21/08/2019).

Selain pendiri PAN Babel, almarhum juga menjabat Wakil Ketua DPRD Bateng periode 2004-2009. Almarhum terkenal dengan sikap tegas dalam menjalankan fungsi pengawasan dan bersikap.

“Bila ada kesalahan dalam pemerintahan, almarhum tidak segan-segan mengekritisi pemerintah demi perbaikan yang lebih baik,” ungkapnya.

Mantan Wabup Bangka Tengah tersebut mengakui belajar banyak dengan almarhum dalam hal berpolitik dan bersikap.

“Almarhum merupakan guru saya dalam belajar, maka dari itu kami atas nama DPW PAN Babel merasa kehilangan atas berpulangnya almarhum,” tuturnya.

Terakhir, Patrianusa menyebutkan ia  sempat berkomunikasi dengan almarhum pada lebaran Iduladha 1441 Hijriah.

“Riwayat almarhum memang sudah lama menderita sakit hampir sama dengan adiknya Zulkarnain Karim yakni menderita sakit jantung, ginjal dan gula darah,” katanya. (ran)

Related posts