Sosialisasikan Program ODF di Desa Rukam

Tidak ada komentar 219 views

KKN Bersama BKS PTN Wilayah Barat

BANGKA- Mahasiswa KKN Bersama BKS Perguruan Tinggi Negeri (PTN) wilayah Barat dari 28 universitas yang ditempatkan di Desa Rukam, Bangka melakukan sosialisasi program Desa ODF (Open Defecation Free) atau desa bebas buang air besar sembarang kepada masyarakat dengan tema “Budayakan buang air besar di WC, lingkungan bersih, keluarga sehat” Jum’at (11/8/2017).

Dituturkan Devina, Jurusan Keperawatan Mahasiswa Universitas Indonesia selaku penanggung jawab kegiatan mengatakan bahwa latar belakang pelaksanaan kegiatan sosialisasi dikarenakan di Desa Rukam masih terdapat sekitar 70 kepala keluarga yang masih belum memiliki jamban berdasarkan survei yang telah dilakukan.

Menurut dia, dalam pelaksanakan kegiatan itu dibuka oleh sekretaris Desa Rukam dan dihadiri oleh masyarakat Desa Rukam serta perangkat Desa Rukam. Sosialisasi diisi dengan pemberian materi dari dinas kesehatan kabupaten yang menyampaikan tentang desa ODF dan pentingnya buang air besar di jamban. Masyarakat terlihat antusias dalam pelaksanaan kegiataan sosialisasi tersebut, karena adanya dukungan dari perangkat yang membantu dalam penuntasan masalah ODF di Desa Rukam.

“Desa akan mendukung dan membantu pelaksanaan program pemerintah dalam mewujudkan desa bebas dari buang air besar sembarang dan kami berterima kasih pada peserta KKN karena telah memfasilitasi desa dalam mendukung program desa ODF,” ujar Anis selaku Sekretaris Desa.

Hasil dari kegiatan tersebut, didapatkan solusi untuk mensukseskan program tersebut yakni masyarakat melaksanakan arisan jamban bagi tiap masyarakat yang belum memiliki jamban.

Terakhir Ketua KKN Bersama BKS PTN wilayah Barat Idris Affandi mengatakan bahwa harapannya selesai dari kegiatan sosialisasi, masyarakat akan terbangun motivasi untuk membuat jamban dirumah sehingga dapat terwujud desa ODF dan sadar akan kebersihan lingkungan dan kesehatan keluarga.(rls/10)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Sosialisasikan Program ODF di Desa Rukam"