Sorot Tambang Ilegal di Babel, Pimpinan KPK: Ada OTT Kita Tidak Bilang-bilang

  • Whatsapp
Pimpinan KPK, Saut Situmorang

PANGKALPINANG– Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Saut Situmorang menegaskan pihaknya siap menindak keberadaan tambang ilegal yang ada di Provinsi Babel. Menurutnya, sudah semestinya tidak ada tambang ilegal yang dapat merugikan negara.

“Saya pikir sudahlah mulai hari ini kita hentikan (tambang ilegal-red). Enggak ada boleh lagi orang melakukan penambangan di Bangka Belitung yang melakukan itu (ilegal-red),” tegas Saut kepada wartawan di ruang Mahligai Rumah Dinas Gubernur Babel, Selasa (18/6/2019).

Dia menambahkan, Wagub Babel pernah bertanya apakah KPK bisa diajak bersama untuk memberantas persoalan pertambangan ilegal dan Saut menegaskan KPK juga bisa melakukan pemeriksaan langsung.

“Kita akan turun bila perlu melihat siapa orangnya, melakukan apa, saya melihat langsung siapa orangnya melakukan sejak kapan dan siapa yang melindungi. Ini yang enggak boleh, bagaimana mau meningkatkan pendapatan daerah kalau banyak yang tidak teratur,” tandas Saut.

Baca juga: KPK Incar 44 Perusahaan Tambang Tak Kantongi Sertifikat Non-CnC

Pria kelahiran Medan tahun 1959 ini menambahkan, bahwa negara harus hadir di tengah masyarakat dan KPK akan melakukan inspeksi mendadak (sidak) atau melihat satu persatu persoalan pertambangan di Babel.

“KPK tidak pernah datang kalau pencegahan tanpa koordinasi, kecuali OTT (Operasi Tangkap Tangan-red) saya memang enggak bilang-bilang,” ingatnya.

Dia berjanji, akan memperhatikan Provinsi Babel secara khusus. Tidak saja soal pertambangan, akan tetapi hal lainnya yang berkaitan maupun sektor lainnya.

“Termasuk di sektor kehutanan, yang erat kaitannya dengan pertambangan ilegal. Pagi tadi saya sudah dapat warning ada sejumlah daerah yang masih digunakan atau dieksploitasi, negara dapat apa-apa, nanti akan jelas siapa melakukan apa menyangkut pertambangan dan kehutanan,” kata Saut. (nov)

Related posts