Sopian Mantap Nyalon Walikota Pangkalpinang

No comment 869 views

Daftar ke PDIP dan PAN

PANGKALPINANG – Langkah Muhammad Sopian BA untuk mencalonkan diri sebagai calon Walikota Pangkalpinang kian mantap. Selasa (13/6/2017), Sopian secara resmi mendaftarkan diri ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Wakil Walikota Pangkalpinang yang masih aktif tersebut, tiba di Sekretariat DPC PDIP Pangkalpinang sekitar pukul 13.00 WIB. Mengenakan kemeja putih celana hitam, Sopian mengembalikan berkas permohonan untuk menjadi calon kepala daerah. Ia diterima oleh Sekretaris Penjaringan Cawako dan Cawako Pangkalpinang, Herly Firdaus.

Setelah itu, Mantan Camat Rangkui itu mengembalikan berkas pendaftaran ke Sekretariat DPC PAN Kota Pangkalpinang. Disitu ia diterima langsung oleh ketua penjaringan PAN Kota, Muhammad Rusdi.

Kepada wartawan, Sopian menuturkan bahwa ia mendaftar di dua partai tersebut karena merupakan partai yang mengangkat harkat dan martabat masyarakat kecil. Selain itu, kedua partai tersebut pun diyakini memberikan sinyal positif terhadap dirinya.

“Untuk itu saya mengucapkan terima kasih kepada PDIP dan PAN yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk menjadi salah satu calon walikota dengan menggunakan kendaraan kedua partai tersebut,” kata Sopian.

Ia mengakui bahwa saat ini sudah banyak calon lain yang juga akan menggunakan kedua partai tersebut untuk maju dalam Pilwako 2018 mendatang. Sehingga jika tidak terpilih nantinya, dirinya akan menghormati keputusan partai.
Sopian menyadari bahwa untuk maju dalam Pilwako Pangkalpinang 2018 mendatang bukan merupakan pekerjaan mudah. Terlebih saat ini dirinya belum memiliki kendaraan secara resmi. Tak heran ia menaruh harapan besar terhadap dua partai tersebut.

“Seperti kita ketahui bersama, persyaratan pencalonan di Pangkalpinang ini kita harus memiliki 20 persen dari kursi yang ada, itu artinya kita harus punya enam kursi. Nah, dalam hal ini PDIP ada empat kursi, sedangkan PAN ada tiga kursi. Jadi total ada tujuh kursi, untuk itu besar harapan saya kedua partai ini bisa menerima saya, tapi tak menutup kemungkinan saya juga akan silaturahmi dengan partai-partai lainnya,” terangnya.

Sementara itu, Sekretaris Penjaringan Pencalonan Cawako dan Cawawako DPC PDIP Kota Pangkalpinang Herly Firdaus menyebutkan sejak dibuka pendaftaran pekan lalu, jumlah calon yang mengambil formulir pendataran baru tiga orang yakni Muhammad Sopian, Saparudin dan Hardi. Namun yang resmi mengembalikan berkas, katanya, baru Muhammad Sopian yang kini masih menjabat sebagai Wakil Walikota Pangkalpinang.

“Yang lainnya kita akan tunggu hingga batas terakhir pendaftaran pada 21 Juni ini. Yang jelas PDIP terbuka untuk siapa saja,” kata Herly. Akan tetapi ditegaskan Herly, siapapun yang terpilih nantinya itu tergantung keputusan DPP PDIP. Karena dalam hal ini, lanjutnya, DPC PDIP Kota Pangkalpinang hanya melakukan penjaringan, penyaringan dan penetapan.

Ketua Penjaringan Cawako dan Cawawako dari PAN M Rusdi mengatakan bahwa dengan resminya Muhammad Sopian mendaftar ke PAN, kini jumlah calon yang resmi mendaftar sudah dua orang. Sebelumnya, katanya, sudah ada Saparudin yang menyerahkan berkas pendaftaran terlebih dahulu.

“Alhamdulillah, sampai sekarang baru dua yang ambil berkas dan dua-duanya sudah secara resmi mendaftar. Selaku ketua penjaringan, saya memberikan apresiasi kepada Pak Sopian dan Pak Saparudin,”tutur Rusdi.

Dikatakan Rusdi, dalam penjaringan Cawako dan Cawawako ini pihaknya tidak memiliki kriteria khusus. Namun pihaknya akan mengusung bagi calon yang memiliki komitmen tinggi untuk menang dalam pertarungan Pilwako 2018 mendatang.(fan/10)

 

No Response

Leave a reply "Sopian Mantap Nyalon Walikota Pangkalpinang"