Soal Sanksi Anggota Pansus Malas, BK Tunggu Kesepakatan Pimpinan dan Fraksi

PANGKALPINANG – Badan Kehormatan (BK) DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), meminta pimpinan DPRD dan pimpinan fraksi, agar menyepakati aturan main dalam absensi Pansus (Panitia Khusus). Pasalnya, hingga kini BK belum mendapat tembusan dari pimpinan DPRD Babel guna menjalankan pelanggaran etik tersebut.

“Pada dasarnya kami menyetujui, kalau ada aturannya seperti itu. Tapi sampai sekarang kami belum menerima tembusan. Sebaiknya, pimpinan DPRD dan pimpinan fraksi membuat kesepakatannya dulu,” kata Ketua BK DPRD Babel Haryadi ketika dikonfirmasi Rakyat Pos, Minggu (1/10/2017).

Kendati demikian, BK akan menjalankan aturan tersebut, jika telah ada kesepakatan bersama. “Yang ada aturannya sampai sekarang, hanya enam kali berturut-turut tidak paripurna baru dijatuhi sanksi kode etik,” ujarnya.

Legislator Dapil Pangkalpinang itu pun menambahkan, pihaknya akan menjalankan aturan tersebut, jika seluruh fraksi menyetujuinya. Akan tetapi sebelum dilakukan sanksi tersebut, seluruh fraksi harus menyetujui kesepakatan yang ada.

“Ya, apakah itu satu kali tidak masuk pembahasan, atau dua kali berturut-turut. Itu memang hak pimpinan, tetapi bagaimana reaksi anggota dewan? Pada dasarnya, BK akan menjalankan aturannya setelah ada tembusan surat yang disampaikan ke BK,” ujarnya.

Untuk diketahui, Ketua DPRD Babel, Didit Srigusjaya beberapa waktu lalu mengakui, kurang aktifnya anggota membahas pansus sangat berbanding terbalik dengan dinas luar (DL) yang dilakukan. Didit meminta, anggota DPRD Babel dapat menjalankan amanah mereka setelah dipilih rakyat untuk dapat berbuat ke masyarakat.

“Pembahasan tidak ada, tapi kunjungan kerja ada, ini menjadi pertanyaan kita. Minta tolonglah, sudah dipilih rakyat, masih banyak caleg ingin menjadi anggota dewan. Kita dapat amanah masa’ malas membahas kepentingan rakyat. Dalam banmus juga ada pertimbangan, jika tidak ikut Pansus pimpinan berhak tidak mengizinkan mereka DL,” urai Didit. (ron/10)

 

No Response

Leave a reply "Soal Sanksi Anggota Pansus Malas, BK Tunggu Kesepakatan Pimpinan dan Fraksi"