Soal Peralihan HTI Sumsel ke Babel, Ini Kata Kadin Pertanian Bangka

  • Whatsapp

 

Kemas Arfani

SUNGAILIAT -Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka, Kemas Arfani Rahman mengaku kurang setuju soal wacana pengalihan kawasan Hutan Tanaman Industri (HTI) dari Sumatera Selatan (Sumsel) ke Bangka Belitung (Babel).

Menurutnya, dengan keberadaan tiga perusahaan HTI di daerah ini seperti PT Inhutani, PT Istana Kawi Kencana dan PT Agro Pratama Sejahtera belum memberikan komitmen yang jelas terhadap masyarakat yang tinggal didekat kawasan perusahaan tersebut.

Kemas menambahkan, semua perusahaan HTI itu berkewajiban ‎untuk bermitra dengan kelompok masyarakat yang tinggal disekitar kawasan hutan minimal 15 persen dalam rangka untuk kegiatan tanaman unggulan sekitar 10 persen dan tanaman kehidupan 5 persen.

“Hanya saja komitmen ini sampai hari ini saya belum lihat realisasinya. Padahal mereka sudah melakukan aktifitas di Kabupaten Bangka ini,” kata Kemas kepada rakyatpos.com, Rabu (3/1/2018).

Dia menilai, jika wacana pengalihan status kawasan HTI dari Sumsel ke Bangka terealisasi maka akan membawa dampak yang buruk bagi daerah ini‎.(snt)

Related posts