Soal Penghapusan IUP, Hubungan Gubernur dan DPRD Merenggang?

  • Whatsapp

Erzaldi Enggan Bicara
Lobi Dirjen Minerba

Pangkalpinang – Rencana penghapusan sejumlah IUP laut dalam RZWP3K membuat hubungan lembaga DPRD Babel dengan Gubernur Erzaldi Roesman kembali merenggang.

Erzaldi Rosman sendiri enggan berkomentar soal banyaknya izin usaha pertambangan (IUP) milik swasta yang diterbitkan pemerintah provinsi bakal diputihkan.

“Kalau Itu kita serahkan ke sistem, berkas sudah saya kasi ke DPRD, jangan tanya ke saya lagi, tugas saya mendampingi DPRD, silahkan tanya ke DPRD,” katanya, akhir pekan lalu.

Berkaitan dengan pendampingan ini, gubernur juga sudah meminta waktu Dirjen Minerba Kementerian ESDM untuk meluangkan waktu membahas persoalan RZWP3K ini bersama-sama.

“Kalau bisa Senin ini, RZWP3K zonasi laut yang akan disahkan DPRD, kami dalam rangka itu ingin ketemu Dirjen Minerba, tapi jangan dikasi (diwakili) eselon IV, marah nanti DPRD, kalau bisa tanggal 12 ini,” ujarnya, ketika bertemu dengan perwakilan Kementerian ESDM dalam suatu kegiatan.

RZWP3K ini,merupakan pembagian dan penataan wilayah laut di provinsi Babel, yang diharapkan menjadi pedoman bagi semua stakeholder dan masyarakat untuk bersama-sama melaksanakannya.

Saat ini, pansus DPRD Babel, juga sedang bekerja untuk memutuskan Raperda ini menjadi perda, berbagai masukan dan lainnya pun dilakukan DPRD, termasuk memanggil masing-masing kepala daerah kabupaten/kota seBangka Belitung. (nov/6)

Related posts