Soal Indomaret, Rio: Pertimbangkan Kepentingan Masyarakat

  • Whatsapp

PANGKALPINANG – Anggota DPRD Kota Pangkalpinang, Rio Setyadi angkat bicara mengenai bakal masuknya ritel modern Indomaret di Kota Pangkalpinang. Menurut dia, walau secara aturan hal itu diperbolehkan, namun tentunya pengambil kebijakan harus memikirkan kepentingan masyarakat.

“Wacana itu adalah hal yang lumrah dan secara aturan diperbolehkan. Namun tentunya kebijakan itu harus juga memikirkan kepentingan masyarakat. Jika merunut secara aturan memang ada regulasi yang mengatur boleh tidaknya gerai itu buka di daerah,” ujar Rio kepada wartawan, Selasa (6/8/2019).

Apalagi, kata Rio, sebelumnya Wali Kota Pangkalpinang telah melakukan pertemuan dengan Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman untuk meminta persetujuan terkait rencana penempatan jaringan ritel Indomaret di Pangkalpinang. “Dan itu sah-sah saja, karena memang kebijakan untuk ya atau tidaknya ada di kepala daerah (wali kota termasuk gubernur-red),” ujar Rio.

Menurutnya, minimarket memang diperbolehkan dalam Peraturan Menteri Perdagangan dan Perda di Kota Pangkalpinang. Regulasi itu secara terang mengaturnya. Yang berhak memberikan lampu hijau atau perizinan, kata dia, adalah kepala daerah.

Baca Lainnya

“Secara regulasi memang diperbolehkan aturan menteri perdagangan pun seperti itu dan perda di Kota Pangkalpinang pun memberikan lampu hijau selama ada izin dari kepala daerah itu diperbolehkan. Tapi ingat masukan dan kepentingan masyarakat harus dipertimbangkan,” tegasnya. (bum/10)

Related posts