Soal Bandara di Bangka Selatan, Sarju: Ya, Belum Layak

  • Whatsapp

PANGKALPINANG- Kabupaten Bangka Selatan (Basel) mengusulkan ke pemerintah pusat untuk pembangunan landasan udara di kawasan kabupaten tersebut, untuk dijadikan bandara internasional.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Bangka Belitung (Babel), Sarjulianto, ketika rapat bersama gubernur terpilih beberapa waktu lalu. Dibutuhkan kajian dan pertimbangan dari gubenur dan tim transisi terhadap usulan ini.

“Sudah ada ajuan Basel bikin bandara baru, menurut kajian, ya belum layak, tapi mereka melihat dari sisi lain, bahwa Belitung punya landasan dan jadi internasional, sehingga Lanud dipindahkan ke Bangka dan Bangka juga berkeinginan jadi internasional,” terang Sarju.

Ia melihat, alasan Bupati Basel ingin memindahkan bandara Depati Amir ke Basel lantaran landasan yang ada akan dijadikan pangkalan TNI AU, sehingga untuk komersil Basel mengusulkan dibangun di wilayah tersebut.

Baca Lainnya

“Itu perlu kajian yang tak sebentar, makanya nanti kami akan berkoordinasi seperti apa kajian ini, dan untuk status bandara HAS. Hanandjoeddin memang sudah menjadi internasional tinggal menunggu kesiapan maskapai menerbangi rute internasional,” tandasnya.

Sementara untuk bandara Depati Amir, sambungnya, sudah diusulkan menjadi bandara internasional, hanya saja masih terkendala maskapai yang akan membuka rute internasional. ”Yang jadi masalah air line, kalau siap terbang internasional akan jadi,” pungkasnya.

Sarju berharap, pihaknya nanti akan lebih memperkuat sektor perhubungan dan akan bekerjasama dengan tim bentukan pasangan Gubernur-Wakil Gubernur Babel terpilih, Erzaldi Rosman- Abdul Fattah.(nov/10)

Related posts