SMPN 3 Airgegas MoU dengan Pokja Jurnalis Basel

  • Whatsapp
Ketua Pokja Jurnalis Basel Dedy Irawan memperlihat kerja sama antara Pokja Jurnalis Basel dengan SMPN 3 Airgegas, Basel.(foto: istimewa)

TOBOALI – Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 3 Airgegas melakukan penandatanganan MoU dengan Kelompok Kerja (Pokja) Jurnalis Bangka Selatan tentang Gerakan Literasi Sekolah. MoU ini sebagai salah satu upaya untuk SMPN 3 Airgegas menuju sekolah Adiwiyata tingkat kabupaten 2020.

Penandatanganan MoU dilakukan langsung oleh Kepala SMPN 3 Airgegas Fauzi dan Ketua Pokja Jurnalis Basel Dedy Irawan di New Lesehan Green Toboali Selasa (14/1/2019).

Baca Juga

Menurut Fauzi, salah satu syarat untuk mendapatkan predikat adiwiyata sekolah harus mempublikasi kegiatan-kegiatannya melalui media massa. Sehingga SMPN 3 Airgegas menjalin kerja sama dengan pokja.

“Kerja sama MoU ini, untuk menuju Sekolah Adiwiyata tingkat Kabupaten. Jadi, kami dari SMPN 3 Airgegas mentargetkan insya Allah 2020 kita bisa Adiwiyata Kabupaten,” sebut Kepala SMPN 3 Airgegas Fauzi.

Adiwiyata sendiri dijelaskan, merupakan salah satu program dari Kementerian LHK guna mendorong terciptanya pengetahuan serta kesadaran warga sekolah dalam pelestarian lingkungan hidup.

Penghargaan Adiwiyata ini, lanjut dia, diberikan kepada sekolah yang peduli serta berbudaya lingkungan. Program Adiwiyata ditujukan pada sekolah-sekolah yang menerapkan pola berbudaya green school.

“Nanti, mungkin selanjutnya, kita bertahap ke Adiwiyata Provinsi. Kalau bisa Adiwiyata Mandiri tingkat nasional. MoU ini salah satu syarat, setiap kegiatan sekolah berhubungan dengan Adiwiyata harus di publikasi di media,” tegasnya.

Adapun kegiatan Adiwiyata yang dimaksud meliputi kegiatan ilmiah, kesiswaan serta sarana dan prasarana. Dia berharap, dengan adanya MoU bersama Pokja Jurnalis tersebut, target sekolah menuju adiwiyata dapat tercapai.

“Semoga dengan kerja sama ini, kegiatan-kegiatan kita yang ada di sekolah bisa dipublikasikan ke media. Karena ini penting, dan masuk syarat yang harus dipenuhi selain poin-poin lain juga yang harus kita genjot,” terangnya.

Ia mengajak sekolah-sekolah lain juga dapat berbenah untuk menuju sekolah Adiwiyata. Karena melihat dari programnya banyak keuntungan yang didapat oleh pihak sekolah.

Sementara Ketua Pokja Jurnalis Basel Dedy Irawan menyambut positif dan mendukung upaya SMPN 3 Airgegas untuk membangun gerakan literasi dalam rangka menuju sekolah Adiwiyata.

“Kami dari Pokja Jurnalis Basel siap mendukung sesuai dengan tupoksi kami mempublikasi semua kegiatan sekolah. Silahkan sampaikan rilis kegiatan sekolah, prestasi sekolah, siswa serta guru, tulisan opini, cerpen dan Insya Allah Pokja akan mempublikasikannya,” pungkasnya. (raw/3)

Related posts