SMPN 2 Tukak Sadai Pioner Gerakan Tanam Cabai

  • Whatsapp
Ketua TP PKK Bangka Selatan Ekawati Justiar turut menanam serentak cabai di kebun SMPN 2 Tukak Sadai, Selasa (11/4/2017), dalam acara peresmian Kebun Kite SMPN 2 Tukak Sadai dan penanaman perdana cabai di kebun seluas 2 hektar.

Peresmian Kebun Kite & Penanaman Perdana
BPTP Babel sangat mendukung

TUKAKSADAI– Edukasi kewirausahaan dan entrepreneur sejak dini yang dilakukan oleh SMPN 2 Tukak Sadai patut diacungi jempol. Seperti Selasa (11/4/2017), SMPN 2 Tukak Sadai menggelar Gerakan Tanam Cabai di Kalangan Pelajar.

Kegiatan tersebut sekaligus juga peresmian Kebun Kite SMPN 2 Tukak Sadai dan penanaman perdana cabai di kebun seluas 2 hektar.

Kepala Sekolah SMPN 2 Tukak Sadai, Asril mengungkapkan perkebunan cabai ini dikelola secara khusus oleh 18 siswa yang dinamakan Taruna Tani Mandiri.

Menurutnya, mulai dari penggarapan lahan SMPN 2 Tukak Sadai telah bekerja sama dengan Dinas Pertanian, Penyuluh Tukak Sadai, BPTP hingga petani Poktan Tukak Sadai. “Kita ingin menggarap kebun sekolah ini, secara serius dan profesional, mulai dari awal kita didampingi Penyuluh dan petani cabai yang telah berhasil di Tukak Sadai. Kita merancang program ini, sesuai dengan potensi lingkungan sekolah kita, harapannya melalui edukasi ini, akan menciptakan peserta didik dan generasi penerus yang sehat, kreatif, mandiri,” ungkap Asril seraya menambahkan sebanyak 2000 bibit cabe akan ditanam di lahan seluas 1 hektar lebih.

Lebih lanjut dikatakan Asri, SMPN 2 Tukak Sadai dinobatkan menjadi Sekolah Sehat tingkat Kabupaten Bangka Selatan, dan menjadi wakil Bangka Selatan dalam Lomba Sekolah Sehat tingkat Provinsi Babel.

“Kita budayakan berperilaku hidup sehat, bersih di sekolah agar dapat ditularkan ke masyarakat Tukak Sadai,” imbuhnya.

Asril berharap, Gerakan Tanam Cabai yang rencananya akan menanam 2000 bibit cabai akan memproduksi cabai yang melimpah. “Semuanya tahapan perkebunan akan ditangani oleh Taruna Tani hingga panen dan pemasaran. Insya Allah mereka tetap konsisten dan mampu mengkampanyekan ilmunya ke masyarakat luas,” kata Asril.

Sementara itu Ketua TP PKK Bangka Selatan Ekawati Justiar mengapresiasi Kepala Sekolah SMPN 2 Tukak Sadai yang telah memulai Gerakan Tanam Cabai di Kalangan Pelajar ini.

TP PKK Pusat telah bekerja sama dengan Kementerian Pertanian yang diteruskan TP PKK tingkat provinsi hingga ke kabupaten mengajak ibu-ibu rumah tangga memulai menanam cabai di pekarangan rumahnya.

“Apresiasi saya sampaikan kepada Kepala Sekolah SMPN 2 Tukak Sadai serta para siswanya. Kita semua berharap hasil gerakan tanam cabai di SMPN 2 Tukak Sadai ini, berhasil dan melimpah hasilnya, bisa menekan harga cabe yang mencapai Rp25 ribu per ons-nya,” ujar Ekawati.

Ia juga mengajak civitas sekolah untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dengan memilah sampah organik dan non organik.

Terpisah, Kepala BPTP Babel, Wahyu Wibawa menyebutkan, Gerakan Tanam Cabai SMPN 2 Tukak Sadai menginspirasi bagi institusi pendidikan. Gerakan ini bahkan dilakukan secara penuh oleh Taruna Tani yang nota bene adalah siswa SMPN 2 Tukak Sadai.

“Gerakan ini sangat menginspirasi sekali, saya lihat tadi ada juga ditanam dengan jagung, itu simbiosis mutualisme. BPTP Babel sangat mendukung gerakan responsif, kreatif dan inovatif ini,” tandas Wahyu. (raw/3).

Ekawati Justiar memotong pita tanda peresmian Kebun Kite SMPN 2 Tukak Sadai dan penanaman perdana cabai.(foto: raw).

Related posts