SMPN 2 Lepar Pongok Bersih-bersih Pantai

  • Whatsapp
Guru, Siswa SMPN 2 Lepar Pongok bersama Polsek Lepar Pongok dan serta Pemerintah Desa Tanjung Sangkar, foto bersama disela-sela bersih-bersih Pantai Sastra Tiris.(foto: dedy)

LEPARPONGOK – Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Lepar Pongok bersama Polsek Lepar Pongok dan serta Pemerintah Desa Tanjung Sangkar, bersih-bersih Pantai Sastra Tiris yang sekaligus menjadi Ikon Wisata Desa Tanjung Sangkar, Kecamatan Lepar Pongok, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kegiatan yang digelar Senin (24/2/2020) itu, dilakukan dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2020 serta untuk meneladankan sikap cinta lingkungan bagi peserta didik dan masyarakat Lepar Pongok.

Read More

Iswandi Sastra selaku Kepala Desa Tanjung Sangkar menuturkan, kegiatan yang dilakukan bersama dengan elemen masyarakat di Tanjung Sangkar ini, selain bertujuan untuk bersih – bersih pantai yang sekaligus ikon wisata Desa Tanjung Sangkar, juga untuk memberikan edukasi bahwa setiap barang yang digunakan akan berimplikasi pada penumpukan sampah di lingkungan tempat tinggal.

Ungkapan senada disampaikan Kapolsek Lepong, IPTU Sirait. Ia berharap aksi bersih Pantai HPNS ini, tak hanya program tahunan saja, tetapi rutin dilaksanakan minimal setiap 3 bulan sekali. Aksi bersih ini juga hendaknya memberikan kesadaran bagi seluruh elemen untuk menjaga lingkungan dan tidak membuang sampah ke laut.

Sementara itu, Defran salah seorang siswa yang ikut terlibat dalam kegiatan tersebut, mengaku senang bisa mengikuti aksi bersih-bersih pantai, karena kegiatan dilakukan di luar sekolah dan tidak seperti kegiatan mingguan sekolah.

Oleh karena itu, ia membawa peralatan seperti karung dan alat kebersihan dari rumah sesuai yang diarahkan gurunya pada hari sebelumnya.

“Meski dibawah terik matahari yang panas, saya bersama teman – teman tetap semangat dalam melakukan aksi, karena banyaknya kawan dan masyarakat yang terlibat,” ungkapnya.

Guru SMPN 2 Lepong, Yudistira juga berharap kegiatan tersebut tidak hanya seremonial saja, namun kedepannya bisa dijadikan program seperti pengadaan bank sampah di Desa Tanjung Sangkar yang bekerja sama dengan SMPN 2 Lepar Pongok.

Selain masyarakat teredukasi, ditambahkannya, sampah yang tadinya hanya dibuang ke laut atau dibakar bisa menghasilkan nilai tambah bagi masyarakat serta akan ikon Lepar Pongok. (raw/3)

Related posts