SMAN 1 Muntok Peringati Sumpah Pemuda di Menumbing

MUNTOK – Pendidikan merupakan tanggung jawab bersama antara masyarakat, orang tua, dan pemerintah. Dimaksudkan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi semua warga Negara sesuai kriteria yang mempersyaratkannya.

Sebagaimana rumusan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2013 tentang Sistem Pendidikan Nasional, tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Terkait dengan upaya-upaya tersebut, beberapa waktu lalu, tepatnya tanggal 16 November 2017 SMA Negeri 1 Muntok, mengadakan perayaan peringatan Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan bertempat di sasana Giri Menumbing, Muntok.

Apel Peringatan Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan itu, dimulai pukul 07.30. Setelah itu, Siswa, Guru dan Staf SMAN 1 melanjutkan perjalan ke Puncak Menumbing. Mereka longmarch dari pos 1 menuju puncak Menumbing.

Sekitar pukul 11.00, rombongan tiba di puncak, dan langsung melaksanakan beberapa acara ala siswa “Now”, antara lain lomba yel-yel semangat kelas, karung racing, dan estafet air.

“Kegiatan ini merupakan salah satu komitmen sekolah, kepada generasi muda penerus bangsa harus selalu dikobarkan semangat patriotisme dan nasionalisme sekaligus juga perupakan wujud nyata Penguatan Pendidikan Karakter Kebangsaan, di samping terdapat unsur olahraga dan rekreasi edukasinya,” ungkap Kepala Sekolah SMAN 1, Sudarni.
Sementara itu, Pembina OSIS SMA Negeri 1 Muntok, Musi Amwaro menuturkan, beberapa waktu yang lalu pihak sekolah juga mengundang pihak- pihak terkait, antara lain DANRAMIL Muntok beserta jajaran dan POL PP Bangka Barat untuk memberikan motivasi dalam rangka penguatan pendidikan karakter.

Acara berlangsung menarik, karena juga diisi dengan sejumlah game berhadiah untuk menggali kreativitas siswa dalam wawasan kebangsaan.

Menurut Ketua Osis, Irza, kegiatan yang bertajuk “SMANSA on the hill” ini juga dimaksudkan untuk menumbuhsuburkan cinta alam dan cinta sejarah bagi para pelajar.

Rangkaian kegiatan hari itu, berakhir pada pukul 15.30. Mereka pulang dengan merenda kenangan untuk merajut untaian cita-cita sebagai generasi penerus Bangsa untuk tetap tegak dan utuhnya NKRI. (wan/3).

No Response

Leave a reply "SMAN 1 Muntok Peringati Sumpah Pemuda di Menumbing"